Senin 19 April 2021, 09:24 WIB

Pemkab Temanggung Tunggu Aturan Lengkap Soal Mudik

Tosiani | Nusantara
Pemkab Temanggung Tunggu Aturan Lengkap Soal Mudik

ANTARA FOTO/Rivan Awal L
Pemudik

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah, menunggu ketentuan lengkap dari Pemerintah Pusat terkait mudik lebaran dan salat Idul Fitri. Aturan tersebut akan menjadi dasar pertimbangan Pemkab dalam menyusun aturan dan kebijakan guna mendukung ketentuan pusat.

Wakil Bupati (Wabup) Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan regulasi ibadah salat Ied sudah diatur oleh Kementerian Agama. Adapun petunjuk angkutan mudik dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Namun petunjuk mudik yang mestinya dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri hingga kini belum ada. Dengan demikian untuk regulasi dianggap belum lengkap.

"Kalau sudah lengkap, Pemda akan segera membuat Surat Edaran (SE) tentang pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri, pengamanan Idul Fitri, arus mudik dan tugas-tugas satgas covid tingkat kabupaten, kecamatan serta desa," kata pria yang karib disapa Bowo, Senin (19/4).

Baca juga:  Bioskop 4D di Temanggung Difungsikan untuk Kegiatan Literasi

Sejauh ini, dalam petunjuk yang sudah dikeluarkan sementara baru diatur mengenai pelaksanaan ibadah Ramadan saja. Sedangkan perihal mudik dan perayaan Idul Fitri dan lainnya masih belum dibahas. Karenanya, langkah Pemkab terkait mudik juga masih sebatas imbauan.

"Kita sekarang sedang mencermati ketentuan ketentuan mudik dan lebaran salat Ied dan lain lain. Kita sambil melihat situasi, oleh karena itu saat ini kita masih taraf imbauan untuk pelaksanaan mudik," ujarnya.

Dijelaskan Bowo, upaya pencegahan pemudik baru sekedar imbauan oleh Pemerintah Desa (Pemdes). Namun demikian, Pemda telah menyiapkan tempat karantina bila ada perantau yang nekat mudik.(OL-5)

Baca Juga

Antara//R. Rekotomo

Reaktif Covid-19, Lima Pemuda di NTT Gagal jadi Polisi

👤Palce Amalo 🕔Senin 10 Mei 2021, 11:02 WIB
"Begitu ada hasil reaktif maka peserta tersebut tidak diperkenankan ikut tahapan...
MI/Rendy Ferdiansyah

Pemprov Babel Gelontorkan 4 Ton Daging Sapi Beku di Operasi Pasar

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 10 Mei 2021, 11:01 WIB
Gubernur Provinsi Babel Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, belum lama ini, ia sudah mengeluarkan surat edaran terkait HET daging sapi dan...
MI/Hijrah Ibrahim

KJTV Malut Bagikan Mushaf Al-Quran Hingga Paket Sembako di Haltim

👤Hijrah Ibrahim 🕔Senin 10 Mei 2021, 10:49 WIB
Tim menggunakan sepeda motor singgah ke beberapa kecamatan di kabupaten memberi bantuan Alquran, Iqra hingga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya