Senin 19 April 2021, 06:33 WIB

Bioskop 4D di Temanggung Difungsikan untuk Kegiatan Literasi

Tosiani | Nusantara
Bioskop 4D di Temanggung Difungsikan untuk Kegiatan Literasi

MI/Tosiani
Bioskop empat dimensi di Temanggung kini digunakan untuk kegiatan literasi warga.

 

SETELAH cukup lama mangkrak, bioskop empat dimensi di daerah Kowangan, Temanggung, Jawa Tengah kini difungsikan untuk berbagai kegiatan literasi.

Bangunan, yang kini diberi nama Sasana Bhakti Pustaka tersebut, boleh digunakan masyarakat secara gratis untuk menumbuhkan literasi.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Temanggung Suminar Budi Setiawan, mengungkapkan, semula bioskop empat dimensi dikelola pihak swasta.

Baca juga: Ikadiyata Berwisata Sambil Antar Sembako Bagi Umat Muslim di Sikka

Gedung tersebut memang dibangun swasta di atas tanah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung. Sayangnya, bioskop empat dimensi kurang mendapat respon dari masyarakat sehingga sempat mangkrak cukup lama.

"Pada 2016, gedung bioskop empat dimensi diserahkan ke Pemda dan sekarang sudah menjadi aset Pemda. Gedung juga sudah direnovasi karena pada saat diserahkan sudah ada kerusakan di beberapa bagian,"terang Suminar, Senin (19/4), di Temanggung.

Ketika Pemda Temanggung mengambil alih bioskop, menurut Suminar, sudah dalam kondisi kosong. Semua peralatan sudah dibawa pihak swasta karena memang milik mereka. Antara lain kursi, arsip, dan proyektor. Proses renovasi gedung berlangsung secara bertahap hingga 2018. Pemda juga telah melengkapi bioskop dengan kursi, proyektor, dan AC.

"Sekarang sudah difungsikan lagi untuk kegiatan perpustakaan dan pegiat literasi. Kami juga menyelenggarakan seleksi video lomba bercerita di bioskop tersebut," ujar Suminar.

Ia mempersilahkan masyarakat dan pegiat literasi untuk menggunakan gedung seluas 400 meter persegi tersebut untuk kegiatan literasi secara gratis. Namun, tentu saja harus atas seizin Pemda dan pengguna bioskop harus menjaga kebersihan gedung. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Kemenhub Tingkatkan Konektivitas di Kabupaten Asmat

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 26 September 2021, 19:45 WIB
Peningkatan infrastruktur transportasi di Asmat dilakukan secara keseluruhan. Mengingat, ada Bandara Ewer hingga Pelabuhan Agats di...
MI/A Yakub

Perempuan Jenggala Gelar Vaksinasi Covid-19 di Gresik

👤Akhmad Yakub 🕔Minggu 26 September 2021, 19:07 WIB
VAKSINASI Covid-19 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur menjadi vaksinasi ke-9 dari rangkaian program vaksinasi Jelajah...
ANTARA/Nyoman Budhiana

Wagub: Bali Siap Sambut Kedatangan Wisatawan Mancanegara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 17:30 WIB
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menegaskan daerah setempat sudah siap menyambut kedatangan wisatawan mancanegara,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya