Minggu 11 April 2021, 19:52 WIB

Sejumlah Rumah di Kampung Nefo Kupang Tenggelam Tertimbun Longsor

Palce Amalo | Nusantara
Sejumlah Rumah di Kampung Nefo Kupang Tenggelam Tertimbun Longsor

MI/Palce Amalo
Dampak terjangan Siklon Seroja yang melanda Nusa Tenggara Timur beberapa waktu lalu.

 

SEJUMLAH rumah penduduk di Kampung Nefo, Desa Tunbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, NTT, kehilangan rumah mereka akibat tertimbun tanah longsor menyusul badai beberapa hari lalu. Hal itu diungkapkan relawan yang tiba di Kampung Nefo, Minggu (11/4).  Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Sebanyak 400 warga berhasil dievakuasi oleh pemerintah desa. Mereka saat ini ditampung di gedung gereja setempat dan rumah keluarga. Dari foto yang dikirim relawan, sejumlah rumah hilang tertimbun material longsor dan sebagaian lainnya roboh.

"Kebutuhan akan rumah layak huni pasca tanggap darurat sangat diperlukan," jelas Yemris Fointuna.

Menurutnya, warga Kampung Nefo yang tenggelam, perlu direlokasi karena lokasi tersebut tidak bisa ditempati lagi. Plt Kepala BPBD NTT Isyak Nuka mengatakan belum menerima laporan terkait tenggelamnya rumah penduduk di kampung tersebut.

Lebih jauh, Yemris mengatakan dari kesaksian para korban, badai terjadi saat tanaman di ladang, kebun dan sawah siap panen sehingga mengakibatkan gagal panen total. "Keadaan ini dapat menyebabkan kelaparan beberapa bulan ke depan karena stok pangan di lumbung warga tidak tersedia lagi," kata Yemris Fointuna  anggota tim relawan mengutip keterangan para korban.

Selain itu, tanaman penopang yang selama ini menjadi sumber pendapatan warga seperti pisang, kelapa, kemiri, jambu mete dan hasil bumi lainnya rusak akibat tanah longsor. Keadaan ini otomatis dapat menyebabkan para korban bencana kehilangan sumber pendapatan. (OL-15)

Baca Juga

Dok Wikipedia

Pemkot Ternate Berhentikan Ratusan PTT Karena Tak Mampu Bayar Gaji

👤Hijrah Ibrahim 🕔Jumat 07 Mei 2021, 08:50 WIB
Minimnya anggaran, untuk membayar gaji, Pemerintah Kota Ternate memberhentikan ratusan pegawai tidak tetap (PTT) di lingkup Pemerintah Kota...
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Pedagang Pasar Tradisional Omzet Merosot Karena Kalah Saing

👤Arnoldus Dhae 🕔Jumat 07 Mei 2021, 08:32 WIB
Setahun belakangan, omzet pedagang pasar desa di Denpasar, Bali menurun selain pandemi covid-19, juga kalah saing dengan pedagang dadakan...
Dok Dinas PUPR Kalimantan Tengah

Dinas PUPR Kalteng Dirikan 22 Posko Untuk Antisipasi Jalan Rusak

👤Surya Sriyanti 🕔Jumat 07 Mei 2021, 08:19 WIB
Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalteng mendirikan sejumlah posko sebagai bentuk kesiagaan dalam mengantisipasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya