Minggu 28 Maret 2021, 21:27 WIB

Suami Istri Penyintas Covid-19 di Sidoarjo Donor Plasma Konvalesen

Heri Susetyo | Nusantara
Suami Istri Penyintas Covid-19 di Sidoarjo Donor Plasma Konvalesen

MI/Heri Susetyo
.

 

SEPASANG suami istri di Kabupaten Sidoarjo menjadi penderita covid-19 dan sempat menjalani isolasi 10 hari di tempat berbeda. Setelah sembuh, keduanya melakukan donor plasma konvalesen untuk membantu pasien covid-19 yang membutuhkan.

Pasangan suami istri itu, Heri, 49, dan Danik, 29, ini sama-sama penyintas covid-19. Danik diisolasi di Asrama Haji Surabaya selama 10 hari. Sedangkan Heri menjalani isolasi 10 hari di sebuah hotel di Sidoarjo.

Setelah dinyatakan sembuh, keduanya kompak melakukan donor plasma konvalesen ke kantor PMI Sidoarjo pada Sabtu (27/3) sore. Bagi Danik yang golongan darahnya O, donor darah bukan hal baru karena sudah lima kali melakukan donor. Sementara bagi Heri yang golongan darahnya A baru pertama kalinya.

Baca juga: Sebar Misinformasi Covid-19, Akun Facebook Maduro Dibekukan

Berbeda dengan donor darah biasa, donor darah plasma konvalesen masih harus diambil sampel darahnya. Sampel darah tersebut akan diobservasi dan hasilnya baru diketahui tiga jam kemudian. Maka calon pendonor plasma harus menunggu tiga jam setelah diambil sampel darahnya. Baru kemudian bisa melakukan donor plasma.

''Saya penyintas covid-19, hanya berusaha membantu penderita lain yang membutuhkan, serta membantu pemerintah menangani covid-19 ini,'' kata Danik, Minggu (28/3).

Seperti halnya Danik, Heri berharap plasma mereka bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Bahkan saat ini sering diberitakan kurangnya pasokan plasma yang dibutuhkan para penderita covid-19.

''Apalagi golongan darah A seperti saya, dengar-dengar banyak dibutuhkan,'' kata Heri.

Pasangan suami istri ini berharap agar semakin banyak para penyintas covid-19 yang mau mendonorkan plasmanya dan tentu saja mereka berharap pandemi covid-19 segera berlalu. (X-10)

Baca Juga

ANTARA/Bayu Pratama S

Ratusan Hektare Hutan dan Lahan di Kalsel Terbakar

👤Denny Susanto 🕔Senin 02 Agustus 2021, 06:49 WIB
Dinas Kehutanan Kalsel mencatat luas areal yang terbakar sedikitnya 142,9 hektare dan 29 hektare di antaranya berada dalam kawasan...
MI/Reza Sunarya

NasDem Santuni 3 Bersaudara yang Jadi Yatim Piatu karena Covid-19

👤Reza Sunarya 🕔Senin 02 Agustus 2021, 05:59 WIB
Saan mengatakan NasDem akan menjamin seluruh pendidikan mereka hingga lulus perguruan...
Ilustrasi

DIY Siapkan Rp22,6 miliar untuk 392 Kelurahan

👤Ardi T 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 21:00 WIB
Pemerintah Daerah Istimewa Yohyakarta (DIY) siapkan Dana Keistimewaan atau Danais Rp 22.6 miliar yang akan dialokasikan untuk 392 kelurahan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya