Senin 15 Maret 2021, 12:35 WIB

Reklamasi Tanpa Izin, PT PAN Didenda Rp1,15 Miliar

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Reklamasi Tanpa Izin, PT PAN Didenda Rp1,15 Miliar

MI/Rendy Ferdiansyah
Petugas Gakkum KLHK memasang papan larangan orang masuk ke wilayah Pantai Tanjung Pendam Belitung tanpa izin.

 

MAJELIS Hakim Pengadilan Negeri (PN) Belitung menjatuhkan vonis bersalah kepada PT Panca Anugerah Nusantra (PAN) dan dihukum pidana serta denda Rp1,15 miliar karena melakukan kegiatan reklamasi di Pantai Tanjung Pendam Belitung tanpa izin.

Hal itu disampaikan  Direktur Penegakan Hukum Pidana, Direktorat Jendral Penegakan Hukum (Ditjen Gakkum), Yazid Nurhuda, Senin (15/3).

"Untuk kasus reklamasi pantai ini, perusahaan sudah divonis bersalah oleh hakim PN Belitung yang diketuai Himelda Sidabalok dan wajib membayar denda Rp1,15 miliar," kata Yazid.

Majelis Hakim memutuskan PT PAN melanggar Pasal 109 Undang-Undang No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yaitu melakukan usaha dan/atau kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan.

Hakim juga mempertimbangkan Pasal 116 Ayat 1 Undang-Undang No 32 Tahun 2009 yang mengatur tindak pidana oleh badan usaha. Dalam amar putusannya, PT PAN sebagai badan usaha dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 116 Ayat 1 itu.

Menurutnya jika PT PAN tidak membayar denda paling lambat satu bulan sesudah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap, maka harta benda PT PAN akan disita oleh Penuntut Umum dan dilelang untuk menutupi denda itu.

"Adapun TI, 49 pelaksana reklamasi tanpa izin itu sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Belitung dan siap disidangkan," lanjutnya.

baca juga: Banjir dan Pohon Tumbang Rusak Rumah di Kota Malang

Penyidik KLHK saat ini terus mengembangkan penyidikan kasus tersebut termasuk mendalami tersangka perorangan lainnya yang terlibat dalam kasus pengrusakan lingkungan.

"Kami tidak berhenti dan menindak pelaku perusakan lingkungan seperti ini. Mereka ]harus dihukum seberat-beratnya, agar ada efek jera dan menjadi contoh bagi yang lainnya. Putusan pengadilan ini akan menjadi pintu masuk untuk mendalami pelaku lainnya," tegasnya. (OL-3)


 

Baca Juga

ANTARA/Bayu Pratama S

Ratusan Hektare Hutan dan Lahan di Kalsel Terbakar

👤Denny Susanto 🕔Senin 02 Agustus 2021, 06:49 WIB
Dinas Kehutanan Kalsel mencatat luas areal yang terbakar sedikitnya 142,9 hektare dan 29 hektare di antaranya berada dalam kawasan...
MI/Reza Sunarya

NasDem Santuni 3 Bersaudara yang Jadi Yatim Piatu karena Covid-19

👤Reza Sunarya 🕔Senin 02 Agustus 2021, 05:59 WIB
Saan mengatakan NasDem akan menjamin seluruh pendidikan mereka hingga lulus perguruan...
Ilustrasi

DIY Siapkan Rp22,6 miliar untuk 392 Kelurahan

👤Ardi T 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 21:00 WIB
Pemerintah Daerah Istimewa Yohyakarta (DIY) siapkan Dana Keistimewaan atau Danais Rp 22.6 miliar yang akan dialokasikan untuk 392 kelurahan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya