Kamis 25 Februari 2021, 23:23 WIB

TNI Nagan Raya Gencar Sosialiasi Cegah Karhutla

Mediaindonesia.com | Nusantara
TNI Nagan Raya Gencar Sosialiasi Cegah Karhutla

MI/Dwi Apriani
Ilustrasi : karhutla.

 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari jajaran Kodim 0116 Nagan Raya Provinsi Aceh kini terus menggencarkan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat serta perusahaan perkebunan, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Penyuluhan ini terus kita lakukan, agar kebakaran hutan di Nagan Raya tidak lagi terjadi seperti beberapa hari lalu,” kata Komandan Kodim 0116 Nagan Raya Letkol Infanteri Guruh Tjahyono di Suka Makmue, Rabu (24/2).

Menurutnya, sosialisasi dan penyuluhan tersebut dilakukan TNI dengan melibatkan Bintara Pembina Desa (Bhabinsa) yang turun langsung ke setiap desa di Kabupaten Nagan Raya, guna mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Selain itu, upaya tersebut juga dilakukan kepada setiap perusahaan perkebunan yang ada di daerah ini, agar tidak melakukan pembakaran lahan saat membuka lahan baru.

“Jadi, khusus kepada perusahaan termasuk masyarakat, jika ingin membuka lahan maka kita minta agar dikoordinasikan dengan TNI dan Polri, sehingga kita harapkan tidak terjadi kebakaran lahan,” kata Guruh Tjahyono menegaskan.

Ia juga menjelaskan, sosialisasi dan penyuluhan yang dilakukan tersebut guna menindaklanjuti arahan dan perintah Presiden RI beberapa hari lalu, yang meminta  penanganan Karhutla di setiap daerah secara dini.

Dandim Guruh Tjahyono juga menegaskan hingga Rabu malam tidak lagi ditemukan adanya kebakaran lahan di daerah itu, setelah pada pekan lalu sempat terjadi kebakaran lahan yang menyebabkan sekitar 4,5 hektare lahan kebun masyarakat ikut terbakar.

“Jadi berdasarkan pemantauan citra satelit, juga tidak ditemukan adanya titik api (hotspot). Meski pun demikian kita tetap siaga dan terus melakukan patroli secara rutin,” katanya menegaskan. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

10 Perupa Ikuti Memotret Yogyakarta Kini

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 18 April 2021, 08:29 WIB
Para perupa menunjukkan keahlian mereka dalam melukis dengan mempraktikkan gaya dan karakter masing-masing dalam menangkap secara cepat...
dok.Hipmi Banten

Ini Gagasan Rifky Hermiansyah Majukan BPD HIPMI Banten

👤Wibowo Sangkala 🕔Minggu 18 April 2021, 08:00 WIB
Rifky Hermiansyah menjadi orang pertama mengambil Formulir Calon Ketua Umum BPD HIPMI...
MI/Widjajadi

Legislator NasDem Beri Bantuan 41 Gerobak di Solo

👤Widjajadi 🕔Minggu 18 April 2021, 07:16 WIB
Bantuan stimulan berupa 41 gerobak itu diserahkan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19, seperti memakai masker, tetap menjaga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya