Rabu 24 Februari 2021, 12:25 WIB

Pilkades Serentak 2021 di Sikka Digelar Juli

Gabriel Langga | Nusantara
Pilkades Serentak 2021 di Sikka Digelar Juli

MI/Gabriel Langga
Kadis DPMD Sikka, Fitrinita Kristiani

 

DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur memastikan akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak yang digelar di bulan Juli tahun 2021.

Kadis DPMD Sikka, Fitrinita Kristiani mengatakan pilkades di Sikka tetap digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pada tahun ini ada 17 desa di Sikka akan memilih kepala desa baru. 

"Pilkades akan digelar serentak di 17 desa pada Juli nanti," kata Fitrinita kepada mediaindonesia.com, Rabu (24/2) di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Ia mengaku anggaran yang disiapkan untuk menyambut pesta demokrasi di tingkat desa ini sebesar Rp700 juta. 

"Anggaran yang disiapkan kabupaten ini sebesar Rp700 juta untuk membiayai opersional panitia di tingkat desa," lanjutnya.

Untuk pelaksanaan pilkades ini, Pemkab Sikka telah melakukan pembaruan perda dan tidak lagi menggunakan perda lama. 

"Perda yang baru sudah lahir tetapi perbupnya belum dibahas. Setelah perbup BPD jadi kita akan sosialisasi kepada desa-desa khusus yang menggelar pilkades. Jadi pemilihan BPD dulu baru digelar pilkades," tandas dia.

Selain itu Pemkab Sikka telah mengubag perbup pilkades dengan menyesuaikan dengan Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2020 terutama yang berkaitan dengan protokol kesehatan.

"Peraturan baru yang muncul ini berkaitan dengan protokol yang diterapkan di antaranya saat pemungutan suara, penghitungan suara, dan pelantikan kepala desa. Makanya kita benar-benar harus menyiapkan betul perangkat aturan. Apabila perangkat aturan ini selesai kita akan melaju ke tahap sosialisasi kepada masyarakat. Mengingat Pilkades digelar Juli 2021," kata Fitrinita.

baca juga: Masih Ada Wilayah Tergenang Banjir, Ganjar Cek Pompa Air

Pelaksanaan Pilkades tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan aturan-aturan yang terukur dan mengikat sehingga tidak menimbulkan cluster baru penularan covid-19 di tingkat desa.

"Kita harapkan Pilkades nantinya bisa berjalan aman dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak ada kluster baru di Pilkades serentak ini," pungkas dia. (OL-3)


 

Baca Juga

MI/IIS ZATNIKA

Tarik Sis Semongko, Para Petani Milenial Pampang

👤Iis Zatnika 🕔Minggu 28 Februari 2021, 16:15 WIB
Pemuda, semangka, meteran listrik kolektif dan media sosial terhubung di...
MI/REZA SUNARYA

NasDem Jawa Barat Bantu Korban Banjir di Karawang

👤Reza Sunarya 🕔Minggu 28 Februari 2021, 15:55 WIB
Korban banjir di Karawang masih membutuhkan bantuan dari pihak luar. Penanganan banjir di wilayah ini harus dilakukan bersama pemerintah...
MI/Ignas Kunda

Jalan Maunori Ende Nyaris Putus Akibat Abrasi Pantai

👤Ignas Kunda 🕔Minggu 28 Februari 2021, 13:33 WIB
Para pengendara sepeda motor ataupun pengendara mobil harus ekstra hati-hati melewati ruas jalan tersebut bila dalam kondisi gelombang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya