Sabtu 13 Februari 2021, 13:41 WIB

Wagub Jabar: Penambangan Liar Salah Satu Pemicu Banjir Subang

mediaindonesia.com | Nusantara
Wagub Jabar: Penambangan Liar Salah Satu Pemicu Banjir Subang

ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Tim SAR Gabungan mengevakuasi warga menggunakan tali saat banjir di Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (9/2).

 

WAKIL Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan penyebab banjir di Subang, Jawa Barat, salah satunya karena adanya penambangan liar di wilayah Sumedang.
  
"Air datang dari beberapa kabupaten, dari Majalengka, Sumedang dan Garut. Setelah kami teliti ternyata di aliran dan hulu sungai, beberapa kabupaten itu, di Sumedang ada penambangan liar," ujar Ruzhanul di Subang, Jawa Barat, Sabtu (13/2).
  
Hal tersebut disampaikan Ruzhanul dalam laporannya, ketika mendampingiWakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Subang, Jawa Barat, Sabtu (13/2).
  
Dia mengatakan selain penambangan liar di Sumedang, terdapat juga alih fungsi lahan di Garut. Meskipun alih fungsi lahan itu berizin namun, kata dia, dalam sekian tahun tetap saja berdampak pada banjir. Sementara di Majalengka terdapat pengalihan fungsi persawahan dan sebagainya. 

"Artinya banjir di Subang tidak berdiri sendiri," kata Ruzhanul.
  
Dia mengatakan pada Senin (15/2) pekan depan dirinya sesuai instruksi Gubernur Jawa Barat, akan melakukan rapat koordinasi dengan pemda. Dia menyatakan akan membahas hal tersebut dalam rakor tersebut.
  
Dalam sambutannta  Wapres RI Ma'ruf Amin memberikan perhatian pada penambangan liar di Sumedang. Wapres menegaskan hal-hal berkaitan kerusakan lingkungan harus bisa dicegah.
  
"Karena itu memang harus dicegah, termasuk tadi yang penambangan liar. Kalau tidak, semua merugi. Harus kita cegah. Tidak hanya rehabilitasi dan perbaikan, tapi juga pencegahan," jelasnya. (Ant/OL-09)

Baca Juga

MI/Arnold

Pemimpin Agama Hindu Se-Nusantara Gelar Doa Bersama di Pura Besakih

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 06:30 WIB
Pelaksanaan doa bersama yang dilakukan lebih dari 100 orang pinandita yang berasal dari seluruh Nusantara tersebut, bertujuan menjaga...
Ist

Merayakan Ulang Tahun sembari Berwisata di Gunung Mas Puncak

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 00:25 WIB
Pada 15 November 2021 nanti, hari jadi kedua akan dirayakan di Agrowisata PTPN VIII Gunung Mas, Puncak, Bogor, selama 3...
ANTARA/Galih Pradipta

Program Langit Biru, Pertamina Diskon Harga Pertalite di Nias

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 25 Oktober 2021, 22:20 WIB
Diskon Pertalite berlaku di Nias hingga 28 hari ke depan dan tersedia di 24...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya