Rabu 27 Januari 2021, 13:27 WIB

Proyek Kereta Kalteng Dibahas lagi dalam Proyek Strategi Nasional

Surya Sriyanti | Nusantara
Proyek Kereta Kalteng Dibahas lagi dalam Proyek Strategi Nasional

MI/Supardji Rasban
Ilustrasi kereta

 

DINAS Perhubungan Kalteng bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalteng telah melakukan review implementasi Proyek Strategis Nasional (PSN) Provinsi Kalteng. Salah satunya proyek kereta api yang usulannya telah diakomodasi melalui surat pada awal tahun 2020.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Yulindra Dedy saat mengikuti Rapat Pemutakhiran Data dan Rencana Alokasi Anggaran 2022-2024 secara virtual melalui video conference dari Aula Eka Hapakat, Lantai III Kantor Gubernur Kalteng, di Palangka Raya, Selasa (26/1/2021).

Dalam rapat ini, juga hadir Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalteng Nurul Edy, mewakili Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Karo Administrasi Pembangunan Istani, yang mewakili Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng, dan yang mewakili Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng.

"Berdasarkan hasil review bersama BPKP Provinsi Kalteng terkait dokumen uji kelayakan, masih terdapat banyak hal yang perlu dikaji kembali karena sudah tidak sesuai dengan kondisi terkini. Kita perlu melakukan kajian-kajian ulang, sehingga nanti bisa melaksanakan Perpres 109 sebagaimana yang diharapkan,'' kata Yulindra dalam keterangan tertulis Humas Pemprov Kalteng, Rabu (27/1).

Dia mengungkapkan, banyak hal yang perlu menjadi perhatian bersama terkait PSN yang akan dilanjutkan pada tahun 2021-2024. Diharapkan, proyek ini mendapat dukungan dari pemerintah pusat, khususnya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan. ''Sehingga pada saatnya, PSN proyek kereta api di Kalteng, yakni Puruk Cahu-Batanjung melalui Bangkuang, dapat sesuai dengan catatan-catatan. Kemudian sesuai dengan harapan dari pihak Pemprov Kalteng dan BPKP Provinsi Kalteng,'' jelasnya.

Sementara itu, rapat yang diselenggarakan oleh Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) ini dibuka oleh Tim KPPIP. Yakni Kepala Bidang Pembiayaan Infrastruktur Djoko Wibowo dari Ruang Rapat Sekretariat KPPIP, Gedung Pos Ibukota Lantai 6, Jalan Lapangan Banteng Utara Nomor 1, Jakarta.

Rapat ini digelar dalam rangka mendukung terlaksananya implementasi PSN yang memerlukan prioritisasi dan rencana pengalokasian anggaran tahun 2022-2024 guna mendapatkan dukungan prioritas dalam pengalokasian anggaran.

Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Suroto menjelaskan, bahwa rapat kali ini adalah evaluasi pemuktahiran data untuk sektor transportasi dan estimasi rencana alokasi anggaran 2022-2024. Terdapat 15 daftar proyek PSN sektor kereta yang disampaikan, termasuk proyek kereta api Puruk Cahu-Batanjung melalui Bangkuang, dengan Pemprov Kalteng selaku penanggung jawab proyek. (SS/OL-10)

 

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Konflik Walikota vs Wakil Walikota Tegal Belum Usai

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:58 WIB
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal akhirnya duduk bersama dan menyaksikan  acara penyerahan program TNI Manunggal Membangun Desa...
Dok MI

Kasus Sembuh Covid-19 di Klaten Bertambah

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:25 WIB
Kasus covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertambah 11 orang terkonfirmasi positif, Selasa (2/3). Namun, kali ini terdapat 24...
MI/Hijrah Ibrahim

Maluku Utara Kini Punya Kawasan Berikat Sektor Pertambangan

👤Hijrah Ibrahim 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:18 WIB
Pemprov Maluku Utara dan Bea Cukai meresmikan Kawasan Berikat di Kawasi, Halmahera Selatan, untuk sektor pertambangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya