Jumat 22 Januari 2021, 12:56 WIB

Sumut Akan Terbitkan Perda Prokes

Yoseph Pencawan | Nusantara
 Sumut Akan Terbitkan Perda Prokes

MI/Yoseph Pencawan
Seorang petugas Satpol PP Kota Medan memperingati karyawan Smarco Superstore Medan yang kedapatan tidak mengenakan sarung tangan.

 

PROVINSI Sumatra Utara akan menerbitkan peraturan daerah yang secara khusus menjadi payung hukum penerapan protokol kesehatan Covid-19. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Provinsi Sumut Asren Nasution mengungkapkan dalam waktu dekat provinsinya akan memiliki peraturan daerah (perda) tentang penegakan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

"Insya Allah tanggal 27 Januari 2021 akan disahkan ranperdanya (rancangan peraturan daerah)," kata Asren, Jumat (22/1).

Dia memyebutkan, setelah disahkan perda tersebut akan langsung diberlakukan. Karena itu pihaknya sudah meminta Satpol PP kabupaten/kota di provinsinya untuk bersiap menyosialisasikan perda tersebut. Termasuk upaya dan tindakan untuk menegakkan ketentuan yang diatur perda itu.

Lebih jauh Asren mengungkapkan pihaknya juga sudah memberi penekanan kepada Satpol PP kabupaten/kota bahwa penegakan disiplin dan hukum prokes sebagai tugas utama Satpol PP saat ini.

Satpol PP Sumut telah menjalin komitmen bersama dengan Satpol PP dari 11 kabupaten/kota untuk menegakkan hukum dan disiplin prokes dalam memaksimalkan penanganan Covid-19. Yakni Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Simalungun, Karo, Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat. Kemudian Kota Medan, Binjai, Tebingtinggi dan Kota Pematangsiantar.

Komitmen bersama juga akan dijalin antara Satpol PP Sumut dengan Satpol PP dari Kabupaten Asahan dan Kota Sibolga. Adapun isi dari naskah komitmen bersama tersebut adalah melakukan fungsional tanpa batas menangani dan mencegah Covid-19. Menghidupkan dan mengaktifkan jaringan koordinasi, komunikasi dan konsultasi tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta lintas sektoral.

baca juga: Ganjar Siapkan Rp1 Triliun untuk Dampak Perpanjangan PPKM

"Menegakkan wibawa Pemerintah serta menyelamatkan masyarakat melalui penegakan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Kita juga harus secara bersama-sama TNI, Polri dan komponen masyarakat untuk memenangkan pertempuran ini," pungkasnya.(OL-3)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

TNI Nagan Raya Gencar Sosialiasi Cegah Karhutla

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 23:23 WIB
Upaya tersebut juga dilakukan kepada setiap perusahaan perkebunan yang ada di daerah ini, agar tidak melakukan pembakaran lahan saat...
Agus Suparto

Jokowi Dilaporkan ke Bareskrim Terkait Kerumunan di NTT

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:57 WIB
Kurnia menyayangkan sikap Presiden Jokowi yang tidak memberikan contoh yang baik terkait penerapan prokes saat berkunjung ke...
Antara

Rejang Lebong Bersiap jadi Kebun Percontohan Buah Lokal

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:41 WIB
Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan kebun percontohan buah-buahan lokal khas daerah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya