Jumat 22 Januari 2021, 10:50 WIB

Ganjar Siapkan Rp1 Triliun untuk Dampak Perpanjangan PPKM

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Ganjar Siapkan Rp1 Triliun untuk Dampak Perpanjangan PPKM

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot N
Petugas Satpol PP Kota Salatiga memberikan edukasi kepada masyarakat saat operasi yustisi di kawasan Pasar Raya, Salatiga

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan Rp1 triliun untuk mengantisipasi dampak diperpanjangnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 8 Februari.

“Saya minta minimal Rp1 triliun disiapkan, minimal itu. Jadi nanti bisa berkembang lagi, sambil kami memantau dampak-dampaknya. Mudah-mudahan masyarakat bisa bertahan. Tapi kalau tidak, negara harus hadir membantu,” ungkap Ganjar dikutip dari laman resmi Pemprov Jawa Tengah, Jumat (22/1).

Soal kesiapan anggaran untuk dampak dari pemberlakuan PPKM, pihaknya masih melakukan penjajakan. Pihaknya mengaku terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat terkait payung hukum persiapan anggaran itu.

“Kami komunikasi terus dengan pusat agar mendapatkan payung hukum, apakah kita perlu refocusing dan seterusnya. Tapi sambil menunggu aturan itu, saya sudah menyiapkan (anggaran) dan ketika aturan turun langsung bisa dieksekusi,” jelas Politikus PDI Perjuangan itu.

Baca juga: Tidak Laksanakan PPKM, Jepara Kembali Zona Merah

Ganjar mengungkapkan, meski awalnya hanya diberlakukan PPKM di tiga wilayah yakni Semarang Raya, Solo Raya dan Banyumas Raya, namun dalam pelaksanaannya semua kabupaten/ kota akhirnya menerapkan.

“Sekarang saja seluruh kabupaten/ kota sudah berpartisipasi, sudah 100% (terapkan PPKM), terakhir kemarin Kendal. Jadi kalau nanti diberlakukan perpanjangan, tidak perlu diperluas jangkauannya karena semua sudah melakukan," tuturnya.

Ganjar meminta masyarakat ikut mendukung suksesnya program PPKM. Sebab menurutnya, keberhasilan program itu terletak pada peran serta masyarakat, sambil terus mendorong percepatan program vaksinasi.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM Jawa-Bali selama dua pekan, yakni mulai 25 Januari hingga 8 Februari.(OL-5)

Baca Juga

westlandpeppers.com

Cabai Rawit di Gresik, Rp1.000 per Biji

👤M Yakub 🕔Senin 08 Maret 2021, 19:25 WIB
Konsumen berharap agar pemerintah bisa memperbaiki tata niaga cabai dan kebutuhan...
DOK MI

Berkas Kasus Korupsi Sekda Riau P21

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 08 Maret 2021, 19:04 WIB
Berkas kasus dugaan korupsi dengan tersangka Sekda Riau dinyatakan lengkap alias...
ANTARA

Selama Pandemi, Jumlah ODGJ di Cimahi Meningkat

👤Depi Gunawan 🕔Senin 08 Maret 2021, 17:25 WIB
Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Cimahi meningkat selama pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya