Senin 18 Januari 2021, 16:30 WIB

Mendagri Minta Pemda Proaktif Siapkan Anggaran Bencana Alam

Indriyani Astuti | Nusantara
Mendagri Minta Pemda Proaktif Siapkan Anggaran Bencana Alam

MI/SOLMISUHAR
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

 

PEMERINTAH daerah (Pemda) diminta untuk proaktif menghadapi potensi bencana alam. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan ia telah mengeluarkan surat edaran mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi tersebut

Surat edaran tersebut berisi permintaan agar pemda waspada dan mengaktifkan sumber daya yang ada dalam menanggulangi bencana, termasuk menyiapkan anggaran dalam bentuk belanja tidak terduga (BTT) di samping dukungan anggaran dari pemerintah pusat.

"Nah ini harus diantisipasi oleh pemerintah daerah, tidak hanya kalau sudah terjadi, tapi sebelum itu (terjadi) sudah diantisipasi. Surat edaran sudah saya kirim. tapi pada kesempatan ini saya sampaikan, teman-teman kepala daerah jangan merespons, jangan bersikap responsif, pada (saat) sudah kejadian, tetapi harus bersikap proaktif antisipatif," ujar Tito seusai melakukan rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/1).

Mengutip keterangan Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Tito menuturkan bencana hidrometeorologi berasal dari perubahan cuaca, banjir, curah hujan yang tinggi yang dapat mengakibatkan banjir, longsor, dan lain-lain.

"Kemudian juga mungkin ada juga bencana alam, earthquake ( gempa) dan juga letusan gunung berapi volcanic eruption," ujarnya.

Dalam surat edaran itu, Mendagri juga mengingatkan pada pemda menaati rencana tata ruang dan wilayah (RTRW). Apabila daerahnya sudah termasuk dalam kategori wilayah hijau dan terlindungi, tidak boleh dialihfungsikan untuk hal lain. Pasalnya, perubahan RTRW mengakibatkan kerusakan lingkungan yang berujung pada bencana alam.

"Taati betul RTRW rencana tata ruang wilayah itu, desain wilayah, kalau wilayah itu wilayah hijau, terlindung, ya jangan diubah, dialihfungsikan karena bisa nanti terjadi longsor, terjadi banjir, ini perlu adanya kegiatan-kegiatan penghijauan kembali, reboisasi," tegas Mendagri. (P-2)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kader PPP Miliki Kesempatan Sama Maju di Muswil Sumatra Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 23:15 WIB
"Saya sudah berbicara dengan Ketum (Suharso Monoarfa) agar Sumut menjadi contoh muswil yang aman dan lancar, tidak ada calon titipan...
MI/Widjajadi

Stok Plasma Konvalesen Kosong, PMI Surakarta Ajak Donatur Berdonor

👤Widjajadi 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:19 WIB
PMI Kota Solo menyerukan para pendonor plasma konvalesen (PK) bisa aktif kembali, seiring habisnya stok plasma konvalesen per 15 Mei 2021....
Dok. Humas Pemkab Gowa

Pemkab Gowa Perketat Akses Masuk ke Wisata Alam Malino

👤Lina Herlina 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:15 WIB
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, upaya memperketat wisatawan yang masuk ini dalam rangka menghindari munculnya klaster baru...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya