Minggu 17 Januari 2021, 16:46 WIB

Manado Dilanda Banjir dan Tanah Longsor, 5 Orang Meninggal

Atalya Puspa | Nusantara
Manado Dilanda Banjir dan Tanah Longsor, 5 Orang Meninggal

Antara/Adwit B Pramono
Sejumlah pekerja membersihkan bagian pohon yang tumbang di Manado, Sulawesi Utara.

 

BANJIR dan tanah longsor terjadi di Kota Manado, Sulawesi Utara, akibat hujan dengan intensitas tinggi dan struktur tanah yang labil pada Sabtu (16/1) pukul 15.09 WITA. Adapun tinggi muka air sekitar 50-300 cm.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menyebut peristiwa ini menyebabkan lima orang meninggal dunia. Satu orang hilang masih dalam pencarian. Berikut, 500 jiwa mengungsi yang masih dalam proses pendataan.

"Sejumlah kecamatan terdampak peristiwa ini, yaitu Kecamatan Tikala, Kecamatan Paal Dua, Kecamatan Malalayang, Kecamatan Sario, Kecamatan Bunaken, Kecamatan Tuminting, Kecamatan Mapanget, Kecamatan Singkil dan Kecamatan Wenang," ujar Raditya dalam keterangan resmi, Minggu (17/1).

Baca juga: Korelasi Erupsi Semeru dengan Kejadian Serupa di 1 Desember 2020

Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan kerugian materil ialah 2 unit rumah rusak berat dan 10 unit rumah rusak sedang. BPBD Sulawesi Utara dan Manado melakukan kaji cepat dan evakuasi bersama SAR, TNI/Polri, masyarakat dan relawan. 

Selain itu, BPBD Manado juga memberikan bantuan makanan siap saji kepada para pengungsi. "BPBD Manado memantau banjir saat ini telah berangsur surut," imbuh Raditya.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kota Manado berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir. BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga di tengah musim hujan, yang diprediksi hingga Februari 2021.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/Susanto

Selama 6 Hari, 16.364 Orang Ikuti Vaksinasi Massal di Yogyakarta

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Minggu 07 Maret 2021, 13:09 WIB
"Total teregistrasi ada 19.200 orang, yang datang 17.240 (89.79%) orang, dan yang divaksinasi 16.364 orang (85.18%),"...
DOK BKSDA Riau

Hujan Bantu Padamkan Karhutla di Giam Siak Kecil

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 07 Maret 2021, 12:45 WIB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Riau sejak Sabtu (6/3) hingga Minggu (7/3) pagi, berhasil membantu memadamkan lebih dari 100 hektare...
MI/Usman Iskandar

Sulsel Perketat Pintu Masuk Cegah Varian Baru Covid

👤Lina Herlina 🕔Minggu 07 Maret 2021, 12:38 WIB
Untuk mencegah masuknya virus korona varian baru, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar melakukan langkah-langkah pencegahan termasuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya