Jumat 15 Januari 2021, 21:02 WIB

Jokowi Instruksikan Segera Kerahkan Bantuan untuk Banjir di Kalsel

Dhika Kusuma Winata | Nusantara
Jokowi Instruksikan Segera Kerahkan Bantuan untuk Banjir di Kalsel

Antara/Bayu Pratama
Korban banjir Kalsel mengungsi

 

PRESIDEN Joko Widodo memerintahkan pimpinan BNPB, Basarnas, hingga TNI dan Polri untuk segera mengirim bantuan yang mendesak dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel). Presiden sudah mendapatkan laporan langsung melalui telepon dari Gubernur Kalimantan Selatan terkait kondisi bencana yang melanda wilayah tersebut.

"Saya sudah menelepon Gubernur Kalimantan Selatan untuk mendapatkan laporan mengenai banjir yang ada di Kalimantan Selatan dan saya juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Panglima TNI, dan Kapolri untuk secepat-cepatnya mengirim bantuan, terutama yang berkaitan dengan perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di Kalimantan Selatan," kata Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/1).

Dalam kesempatan itu, Presiden kembali mengajak seluruh masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana, terutama banjir dan longsor. Pasalnya, akhir-akhir ini terjadi peningkatan curah hujan yang cukup ekstrem.

Baca juga : Bupati Intruksikan ASN Bangkalan Wajib Dites Swab

"Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)," tambahnya.

Jokowi mengatakan akan terus memantau perkembangan sejumlah bencana yang terjadi di Tanah Air. Seperti diberitakan, sejumlah bencana di beberapa wilayah belakangan ini terjadi antara lain longsor di Sumedang Jawa Barat, gempa bumi di Majene Sulawesi Barat, dan banjir di Kalimantan Selatan.

"Kita ingin baik pemerintah daerah, pemerintah pusat selalu hadir di tengah masyarakat dalam keadaan bencana ini," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

DOK/PELINDO

Kolaborasi Anak Cucu Pelindo Tingkatkan Produktivitas Pelayanan

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 22:20 WIB
Anak cucu PT Pelindo I-IV sepakat bekerja sama guna meningkakan pelayanan dan produktivitas di sektor...
Dok.MI

KLHK Siapkan Pasal Berlapis kepada 4 Pemburu di Way Kambas

👤Dede Susianti 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 20:40 WIB
Atas perbuatannya mereka akan dijerat dengan hukuman pidana berlapis. Karena saat beraksi mereka menggunakan senjata api dan amunisi secara...
Antara

Esok Ribuan Pelaku Pariwisata Bali Divaksin

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 18:20 WIB
Target penerima vaksinasi ini adalah 5.000 orang. Sebanyak 2.500 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan 2.500 untuk masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya