Jumat 15 Januari 2021, 05:45 WIB

Kepala Daerah Ramai-Ramai Divaksin

FAISHOL TASELAN | Nusantara
Kepala Daerah Ramai-Ramai Divaksin

LINA HERLINA
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menjadi orang pertama di Sulsel yang mendapat vaksin covid-19 jenis Sinovac,

 

PARA kepala daerah bersemangat memberi contoh kepada masyarakat dengan terlebih dahulu menerima suntikan vaksin covid-19. Pejabat dan ASN yang menolak divaksin diusulkan agar ditindak.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, menjadi orang pertama yang menerima vaksinasi covid-19 bersama 20 orang yang sudah ditentukan Kemenkes. Pelaksanaan vaksinasi berlangsung di Gedung Grahadi Surabaya, kemarin. "Suntikan kedua akan kami jalani pada 28 Januari. Protokolnya tetap," ujar Emil.

Bersama Wagub, turut menjalani vaksinasi, yakni Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Pangko Armada 2 Laksda TNI ING Sudihartawan, Wakapolda Jatim Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo, Kajati Jatim Mohammad Dhofir, serta sejumlah perwakilan lembaga dan kelompok masyarakat lainnya.

Emil dan pejabat yang disuntik mengaku tidak mengalami gejala apa pun setelah menerima vaksin 30 menit. Hanya, rata-rata tensi penerima vaksin naik saat screening. Tensi Emil yang biasanya 110 naik menjadi 133 lalu normal kembali.

Setelah penyuntikan 77.760 dosis vaksin Sinovac kepada pihak yang sudah tercatat di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, selanjutnya Pemprov Jatim mengajukan 120 ribu lagi untuk tambahan tenaga kesehatan.

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru menjalani suntik vaksin covid-19 perdana di Palembang. Selain Gubernur, suntik vaksin juga diterima Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri, dan lainnya.

Seusai disuntik, Herman mengungkapkan vaksinasi covid-19 ialah sebuah ikhtiar untuk mengembalikan pola kehidupan seperti normal kembali.

"Apa rasanya divaksin? Jujur saya katakan tidak ada rasa apa-apa. Maksud saya tidak ada rasa nyeri atau sakit. Alhamdulillah, masa observasi juga tidak ada dampak yang terasa," katanya.

Teladan

Bertempat di Gedung Graha Bakti Praja, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah bersama Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah menerima vaksinasi.

Gubernur menyatakan keteladanan perlu dilakukan para pemimpin untuk meyakinkan masyarakat yang dibombardir informasi tidak benar terkait dengan covid-19. "Mudah-mudahan setelah ini masyarakat sedikit bisa lebih tenang. Halal sudah, Badan POM juga sudah. Walaupun masih ada suara meragukan, semoga ini bisa memperbaiki keadaan," cetus Zulkieflimansyah seusai vaksinasi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga menjadi orang pertama di provinsinya yang menjadi partisipan vaksin. Setelah itu, penyuntikan dilakukan terhadap para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin tidak terlihat mengikuti vaksinasi perdana karena sedang berada di luar kota.

Gubernur mengatakan Pangdam sedang berada di Jakarta dan akan menjalani vaksin hari ini. "Jatah vaksin Pangdam disuntikkan ke Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Didit Pramudito," ujar Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara Kuntu Daud mendesak Gubernur KH Abdul Gani Kasuba menindak tegas Kepala SKPD, tenaga kesehatan, dan PNS yang menolak divaksin.

Selain itu, Kuntu juga meminta Gubernur memberikan contoh kepada masyarakat. "Gubernur harus memberikan contoh lebih dahulu untuk meyakinkan masyarakat agar mau divaksin. Jika Gubernur tidak bisa mengatur SKPD dan tenaga kesehatan, bagaimana bisa mengatur yang lain," imbuhnya. (DW/YR/YP/HI/N-1)

Baca Juga

Foto Pemprov Sulsel

686 Korban Gempa Sulbar Mengungsi ke Sulsel, 4 Orang Dikarantina

👤┬áLina Herlina 🕔Rabu 20 Januari 2021, 14:29 WIB
Para pengungsi dari Sulawesi Barat ditampung di tiga lokasi, yaitu Aula Dinas Sosial Sulsel, Asrama Haji Sudiang, dan UPT Inang Matutu di...
Dok DKPP

Besok DKKP Gelar Sidang Pelanggaran Kode Etik Pilkada Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:17 WIB
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang virtual sengketa Pilkada 2020 Kalimantan Selatan terkait...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Setelah Banjir Baru Dilakukan Pengerukan Sungai

👤Nurul Hidayah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:09 WIB
Setelah terjadi banjir di Kabupaten Cirebon, pemkab setempat baru melakukan pengerukan sungai yang saat ini terjadi pendangkalan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya