Minggu 20 Desember 2020, 21:46 WIB

Seluruh Pekerja di Muba Dicover BPJS Ketenagakerjaan

Dwi Apriani | Nusantara
Seluruh Pekerja di Muba Dicover BPJS Ketenagakerjaan

MI/Dwi Apriani
Seluruh Pekerja di Muba Dicover BPJS Ketenagakerjaan

 

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex sudah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan pihak perusahaan dalam wilayah kabupaten Musi Banyuasin di bidang ketenagakerjaan dan penandatanganan komitmen bersama antara pemerintah kabupaten Musi Banyuasin dengan BPJS Ketenagakerjaan tentang kabupaten sadar program jaminan sosial ketenagakerjaan serta pengukuhan unit layanan disabilitas ketenagakerjaan.


PEMERINTAH Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus memperjuangkan nasib pekerja di wilayahnya. Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex sudah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan pihak perusahaan dalam wilayah Kabupaten Muba di bidang ketenagakerjaan dan penandatanganan komitmen bersama antara pemerintah kabupaten Musi Banyuasin dengan BPJS Ketenagakerjaan tentang kabupaten sadar program jaminan sosial ketenagakerjaan serta pengukuhan unit layanan disabilitas ketenagakerjaan.

Dalam kerja sama ini, pembagian peran dan tanggungjawab antara para pihak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam melaksanakan upaya mendorong pertumbuhan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja.

''Kita sudah melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama dengan 24 perusahaan dari sektor perkebunan, pertambangan, industri pengolahan, kelistrikan, perdagangan dan perbankan. Dari sekian banyak perusahaan yang ada dalam wilayah kabupaten Muba, tentunya diharapkan semua isi dari kesepakatan bersama ini akan berlaku sama juga bagi perusahaan lainnya di Kabupaten Muba,'' kata Dodi.

Adapun 24 perusahaan yang melakukan penandatanganan kesepakatan yakni di antaranya 16 perusahaan perkebunan, 2 perusahaan pertambangan, 2 perusahaan kelistrikan, 2 perusahaan industri pengolahan, 1 perusahaan sektor perdagangan, dan 1 perusahaan perbankan.

Ia mengatakan, ada beberapa bidang yang menjadi titik fokus kerja sama dengan swasta ini di antaranya adalah melaksanakan kerja sama perekrutan dengan seluruh perusahaan BUMN, BUMD dan swasta dalam wilayah Muba dengan prioritas tenaga kerja lokal.

''Melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi secara luas dan masif bagi pencari kerja dan kewirausahaan (UMKM). Melaksanakan pembinaan ketenagakerjaan dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan atau buruh. Kerja sama dalam bidang pemberdayaan dan penempatan tenaga kerja lokal penyandang disabilitas,'' terangnya.

Selanjutnya kerja sama untuk memperluas kepesertaan tenaga kerja terhadap BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan khususnya bagi kelompok penerima upah. Dan kerja sama dalam program ke beasiswa and baik beasiswa penuh (full scholarship) maupun beasiswa sebagian (partial scholarship). Diakui Dodi, kerja sama ini juga dalam rangka menciptakan sumber daya manusia unggul di Kabupaten Muba, dan sebagai solusi atas minimnya tenaga kerja lokal yang belum terserap di perusahaan-perusahaan dalam wilayah kabupaten Muba.

''Begitu juga dengan BPJS Ketenagakerjaan komitmen bersama memberikan perlindungan ketenagakerjaan secara meluas dan masif kepada tenaga kerja baik yang menerima upah/sektor formal maupun non penerima upah atau informal di wilayah Muba,'' jelasnya.

Dikatakan, hal tersebut direalisasikan guna menciptakan kesejahteraan masyarakat di wilayah Muba. ''Ada empat jaminan yang diberikan yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian, dan jaminan kehilangan pekerjaan yang akan mulai diberlakukan pada tahun 2021 mendatang,'' bebernya.

Komitmen bersama ini menjadikan Kabupaten Muba sebagai role model dan inisiator yang pertama di Indonesia sebagai kabupaten sadar dan peduli program jaminan sosial Ketenagakerjaan terhadap masyarakat pekerja sektor formal dan informal.

Direktur BPJS Ketenagakerjaan Palembang, Zain Setyadi mengatakan, Pemkab Muba konsisten untuk merangkul semua pihak perusahan di wilayah Muba dalam meningkatkan kesejahteraan para pekerja di Muba. ''Ini inisiasi yang sangat luar biasa, perhatian kepala daerah terhadap para pekerja di wilayahnya benar-benar terealisasi di Muba ini,'' ucapnya.

Dengan inisiasi tersebut, lanjut Zain, jaminan keselamatan kerja para pekerja di Muba menjadi terjamin. ''Prinsipnya, BPJS Ketenagakerjaan akan siap secara maksimal bersinergi dengan Pemkab Muba lewat kerja sama ini,'' tukasnya. (DW/OL-10)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Desa Tilang Nikahkan Ratusan Pasangan secara Gratis

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:22 WIB
"Tahun ini ada sekitar 111 pasangan akan kita nikahkan secara bertahap. Proses pembiayaan pernikahan ditanggung oleh desa melalui...
Antara/Galih Pradipta.

Era Jokowi Dinilai Beri Banyak Ruang bagi Pengusaha Milenial

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:55 WIB
Di sisi lain, era digital juga semakin membuka ruang bagi pengusaha muda untuk mengakses dukungan teknologi dalam menjalankan...
MI/Gabriel langga

Pelaku Usaha Nilai Sektor Riil di NTT Belum Digarap Serius

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:35 WIB
KALAU NTT mau keluar dari kemiskinan itu wajib punya sektor riil minimal 50 persen.  Hanya dengan sektor riil maka NTT bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya