Sabtu 05 Desember 2020, 04:40 WIB

Kemensos Bantu Korban Aksi Teror di Sigi

TB/Ant/N-2 | Nusantara
Kemensos Bantu Korban Aksi Teror di Sigi

ANTARA FOTO/Humas Polres Sigi
Polisi memeriksa bangunan yang dibakar oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

 

SIMPATI mengalir untuk warga korban tragedi kemanusiaan di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Pemerintah dan sejumlah lembaga mengucurkan bantuan untuk mereka.

Kemarin, Kementerian Sosial menyerahkan bantuan senilai Rp458 juta lebih dalam berbagai bentuk. Di antaranya santunan Rp15 juta untuk setiap ahli waris korban yang meninggal dunia, sembako, perlengkapan bermain anak, paket belajar, hingga paket perlengkapan ibadah.

Teror yang dilakukan kelompok Ali Kalora di wilayah ini menewaskan empat. Seperti diketahui, teror tersebut menewaskan 4 warga dalam satu keluarga. Akibatnya warga di sekitarnya ketakutan lari ke hutan dan bersembunyi. Saat ini sebanyak 150 kepala kelaurga diungsikan ke lokasi yang aman.

Seusai menyerahkan bantuan, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, Kementerian Sosial, Sunarti meminta warga mempercayakan penanganan kasus teror ini kepada aparat keamanan. “Pemerintah berkomitmen hadir dan peduli terhadap keamanan dan kenyamanan warga.”

Kepala Desa Lembantongoa Deki Basalulu mengakui bantuan terutama bahan makanan sangat dibutuhkan warganya yang mengungsi. “Setelah serangan teroris itu, kebanyakan warga tidak beraktivitas di kebun karena ketakutan.”

Pascateror, lanjutnya, saat malam hari, warga transmigrasi lokal di Dusun Tokelemo memilih berkumpul di satu tempat sampai pagi. Rumah warga yang rusak dan dibakar sudah kembali dibangun oleh anggota Polri dan TNI.

Kemarin, Lembaga Perlin­dungan Saksi dan Korban (LPSK) juga menyerahkan santunan duka untuk keluarga korban berbentuk tabungan bank yang setiap saat bisa diambil. “Ini bantuan dari negara untuk korban terorisme,” ungkap Wakil Ketua LPSK Achmadi. (TB/Ant/N-2)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya.

Polres Cianjur Intensifkan Rakor Larangan Mudik Lebaran

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 18 April 2021, 01:00 WIB
Sebelumnya, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, mengaku telah membahas intensif kebijakan mudik Lebaran dengan semua unsur...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Disesalkan Kasus Penganiayaan Perawat RS Siloam Palembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 22:18 WIB
"Saya prihatin apa yang dialami salah seorang perawat di Palembang. Kedua, sangat menyesalkan tindakan arogan yang berujung...
dok.mi

Skandal Penipuan, PN Pekanbaru Vonis M Yusuf Hasyim 32 Bulan Bui

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 22:16 WIB
MAJELIS Hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru, Riau memutuskan terdakwa M Yusuf Hasyim, sebagai direktur PT Sumatera Tani Mandiri (STM) penjara...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya