Kamis 26 November 2020, 09:31 WIB

GP Ansor dan Banser DIY Tolak Radikalisme dan Intoleransi

Agus Utantoro | Nusantara
GP Ansor dan Banser DIY Tolak Radikalisme dan Intoleransi

MI/Agus Utantoro
Banser dan GP Ansor DIY mendeklarasikan dukungan kepada pemerintah untuk menegakkan disiplin penerapan prokes dan menolak intoleransi.

 

GERAKAN Pemuda (GP) Ansor dan Banser DIY berkomitmen menjaga ketentraman dan kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Yogyakarta, serta mempertahankan keutuhan NKRI.

Sebagai wujud kesetiaan kepada NKRI, Ansor dan Banser menolak dan siap menghadang segala bentuk kelompok garis keras dan intoleran yang
merongrong kehidupan bermasyarakat dan mengganggu ketentraman dan kerukunan umat beragama.

GP Ansor dan Banser DIY juga siap mendukung berlangsungnya Pilkada serentak 2020 yang aman dan demokratis dengan mematuhi Protokol Kesehatan.

Baca juga: Pemkot Pematangsiantar Bentuk Tim Desk Pilkada

Hal itu disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor DIY Muhammad Syaifudin Al Ghozali didampingi Kasat Korwil Banser DIY Nur Wakhid dan Ketua PC GP Ansor Sleman Ariyanto Nugroho saat melakukan koordinasi tanggap bencana bersama jajaran pimpinan GP Ansor dan Banser se-DIY, di Posko Induk Ansor Banser Tanggap Bencana, Jalan Kaliurang KM.10, Pedak, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Rabu (25/11) malam.

Agenda kegiatan itu, katanya, merupakan sinergitas yang dilakukan antara GP Ansor Banser DIY bersama jajaran Polda DIY dalam rangka merawat keutuhan NKRI dan kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

"GP Ansor DIY tidak mau NKRI terpecah belah oleh orang-orang yang  berpikir pragmatis dan kelompok-kelompok garis keras dan intoleran," ujar Syaifudin.

Syaifudin menegaskan GP Ansor DIY juga berkomitmen mewujudkan situasi yang kondusif, khususnya di wilayah Yogyakarta, menjelang hajatan nasional Pilkada serentak 2020.

Selanjutnya, dalam penanganan pandemi covid-19, GP Ansor dan Banser DIY mengimbau semua lapisan masyarakat untuk senantiasa selalu mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan memakai handsanitizer, menjaga jarak, dan tidak berkerumun (3M-1T).

"Kami menegaskan juga bahwa GP Ansor dan Banser DIY mendukung pemerintah melalui Polda DIY untuk menindak tegas segala bentuk kerumunan massa demi mencegah penularan covid-19," ungkap Syaifudin.

Ansor dan Banser sebagai kader utama memiliki tugas dan kewajiban mengawal kebijakan dan keputusan Nahdlatul Ulama (NU). Sesuai dengan cita-cita luhur para pendiri NU, sejak awal Ansor dan Banser memang dididik untuk menjadi penjaga negeri dan pembela negara.

"Untuk mewujudkan itu, Ansor dan Banser siap menjadi garda terdepan dan akan bersinergi dengan Polda DIY," tegas Syaifudin. (OL-1)

Baca Juga

NTARA/Rivan Awal Lingga

Disiplin tidak Ke Luar Daerah, Warga Baduy Terbebas Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus...
Antara

Pusat Layanan Kesehatan Dukung Pariwisata Labuan Bajo

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat juga melibatkan bidang kesehatan berupa pelayanan...
Antara

Kemacetan Lalin di Lokasi Longsor Deli Sedang Diatur Polisi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:29 WIB
Petugas kepolisian juga melakukan buka tutup jalur, demi kelancaran lalu lintas di lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya