Minggu 08 November 2020, 10:55 WIB

Sarjana Harus Buka Lapangan Kerja Bukan Cari Kerja

Gabriel Langga | Nusantara
Sarjana Harus Buka Lapangan Kerja Bukan Cari Kerja

MI/Gabriel Langga
Wisuda sarjana S-1 dan Diploma Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Sabtu (7/11/2020).

 

LULUSAN perguruan tinggi saat ini dituntut untuk membuka lapangan kerja bukan mencari lowongan kerja. Hal itu ditegaskan oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo saat memberikan sambutan wisuda sarjana S-1 dan Diploma Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Sabtu (7/11).

"Wisudawan datang ke tempat saya meminta bekerja. Tentu tidak bisa. Kalau ada yang dayang lalu mau membuka lapangan pekerjaan tentunya pemerintah akan membantu dan memfasilitasi. Apalagi saat ini ada bantuan dari pemerintah melalui program pemberdayaan dan dana KUR melalui lembaga keuangan," ungkap Bupati Sikka itu.

Ia berharap agar para wisudawan bisa memberikan solusi bagi daerahnya dan bisa membuka lapangan pekerjaan sesuai diharapakannya sehingga bisa mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

baca juga: Anak Muda Lebih Kenal Youtuber Daripada Pahlawan Nasional

Di masa pandemi sebanyak 322 mahasiswa S-1 dan Diploma mengikuti wisuda secara tatap muka di halaman kampus Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur,Sabtu (7/11). Prosesi wisuda dengan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat sebagai upaya pencegahan Covid-19. Para wisudaean masuk ke kampus dengan memakai masker, wajib mencuci tangan dan dicek suhu tubuh. Hanya wisudawan yang boleh masuk ke ruang wisuda dengan didampingi satu anggota keluarga. Keluarga lainnya dilarang datang ke kampus. Mereka hanya boleh mengantar dan menjemput wisudawan. Keluarga bisa menyaksikan wisuda lewat streaming Youtube.

Rektor Unipa Maumere, Angelinus Vincentius hanya memindahkan toga satu orang wisudawan lulusan terbaik, sementara toga wisudawan lainnya dipindahkan oleh anggota keluarga. Dalam sambutannya, Rektor Angelinus bangga dengan meluluskan 322 sarjana dari 17 program studi dari 19 program studi yang ada di kampus itu. (OL-3)
 

Baca Juga

DOK BPBD Kudus.

Tiga Rumah Warga Rusak akibat Tanah Longsor di Kudus

👤Jamaah 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:24 WIB
Bencana tanah longsor di empat desa dalam waktu berdekatan terjadi setelah Kabupaten Kudus diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi...
MI/M Irfan

Majelis Adat Sunda Laporkan Arteria Dahlan ke Polda Jabar

👤Naviandri 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:20 WIB
DIANGGAP melanggar konstitusi, Majelis Adat Sunda melaporan anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Arteria Dahlan, ke Polda Jawa Barat...
MI/Ruta Suryana

Pemprov Bali Kecewa Berat KTT G20 Dibatalkan di Wilayahnya

👤Arnoldus Dhae 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:00 WIB
PEMPROV Bali menyatakan kekecewaannya terhadap pembatalan satu event Pertemuan KTT G-20 yang akan digelar di Nusa Dua Bali, pada Februari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya