Minggu 08 November 2020, 07:40 WIB

Krisis Listrik dan Air Bersih Harus Jadi Perhatian Paslon

John Lewar | Nusantara
Krisis Listrik dan Air Bersih Harus Jadi Perhatian Paslon

MI/John Lewar
Warga bersih pantai di Pulau Seraya Kecil, Manggarai Barat

 

HINGGA saat ini masih banyak desa di Indonesia belum teraliri listrik dan akses air bersih. Seperti di Dusun Seraya Kecil di Pulau Seraya Kecil, Kelurahan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat hingga kini masih kesulitan mendapatkan penerangan listrik dan air bersih. Akses jalan ke desa tersebut sudah bagus namun akses penerangan dan air bersih tidak sebagus pembangunan infrastruktur jalan.

"Setiap hari kami menghadapi krisik listrik karena tidak ada soan, Dan krisis air bersih untuk minum" kata Kepala Dusun Seraya Kecil, Santuo kepada mmediaindonesia.com, Sabtu (7/11).

Setiap hari warganya mandi dengan air surmur yang rasanya asin. Sedangkan untuk minum, warga membeli air tawar dengan galon.

"Setiap hari warga beli air galon,satu galon seharga Rp12 ribu. Kalau air tawar yang mengandung zat kapur Rp7 ribu ukuran jeriken 20 liter. Belum lagi listrik nol. Ini makanya hasil tangkapan kami kerap dijual murah karena takut ikan busuk," ungkap Santuo.

Warganya pada umumnya bekerja sebagai nelayan. Dan dari tahun ke tahun di daerahnya tidak pernah berubah. Krisis air bersih dan listrik masih mereka alami sampai sekarang. Pemerhati masalah sosial ekonomi, Boni Resa mengharapkan pemerintah menarh perhatian dialami warga tinggal di kepulauan seperti Pulau Seraya Kecil dengan jumlah penduduk 70 kepala keluarga. Kondisi ini harus menjadi perhatian bagi calon kepala daerah yang saat ini sedang bertarung di Pilkada Manggarai Barat.

baca juga: UMKM Jadi Program Andalan SHM-MAR Jika Menang Pilkada

Menurutnya paslon calon bupati dan wakil bupati saat ini yang lebih konsen membangun pariwisata hanyalah pasangan Edistasius Endi dan wakilnya Yulianus Weng diusung partai koalisi Golkar, NasDem, PBB dan PKPI.

"Sehingga mimpi akan air minum bersih, listrik dan perubahan lainnya di sektor pariwisata bisa memberi dampak baik bagi ekonomi warga," katanya. (OL-3)
 

Baca Juga

Ist

Babel Masuk 10 Provinsi yang Mengalami Pertumbuhan Ekonomi Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:57 WIB
Babel telah berupaya untuk membawa daerahnya menjadi bagian dari 10 provinsi di Indonesia yang mengalami pertumbuhan ekonomi positif...
Ist

Hari Buku Nasional, Ganjar Dapat Kado Spesial dari Anak 11 Tahun

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:25 WIB
Bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional, Abe memberikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kado novel karyanya sendiri berjudul...
ANTARA/ 	Iggoy el Fitra

Sembilan Pos Didirikan Polres Pariaman Untuk Tutup Tempat Wisata

👤Yose Hendra 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:18 WIB
Sembilan pos tersebut terdiri dari 8 pos bersifat stasioner atau diam di tempat, dan satu pos secara mobile atau...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya