Senin 02 November 2020, 19:39 WIB

Sumsel Darurat Karhutla Hingga Akhir November

Dwi Apriani | Nusantara
Sumsel Darurat Karhutla Hingga Akhir November

ANTARA
Ilustrasi karhutla.

 

STATUS siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan diperpanjang. Status yang seharusnya berakhir 31 Oktober kemarin, diperpanjang selama satu bulan hingga 30 November 2020.

Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji mengatakan, perpanjangan status ini bukan tanpa alasan, mengingat kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di sejumlah daerah, meski sebenarnya sudah masuk musim penghujan. Dengan diperpanjangnya status tersebut maka secara otomatis semua satuan tugas terkait karhutla pun memperpanjang kegiatannya.

"Pada November sebagian besar wilayah Sumsel diperkirakan masih mengalami variasi hujan lokal dengan kriteria sangat pendek (1-3 hari). Memang koordinasi itu gampang untuk di sampaikan akan tetapi sulit untuk dilakukan," imbuhnya, Senin (2/11).

Agus menuturkan upaya memadamkan karhutla di lapangan pun akan terus dimaksimalkan. "Kalau ada hotspot yang perlu di boombing, Dansatgas darat berperan penting dalam pengendalian di wilayah darat. Satgas darat sudah bagus melakukan sosialisasi dengan cara memasang spanduk-spanduk di pinggir jalan," jelasnya.

Sementara itu, LO BNPB untuk wilayah Sumsel, Antoni Simamora mengatakan, perpanjangan status ini memang adalah hal yang tepat mengingat memang sampai saat ini karhutla masih terjadi di sejumlah tempat.

"Perpanjangan status adalah tepat. Harapan kita jangan ada api, posko satgas karhutla belum diberdayakan secara optimal, karenanya memang perlu kita maksimalkan lagi," tuturnya. (R-1)

Baca Juga

dok.ist

Wali Kota Ali Ibrahim Harapkan Jokowi Hadir di Sail Tidore 2022

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 29 September 2022, 19:08 WIB
WALI Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim mengundang Presiden RI, Jokowi, untuk membuka secara resmi acara Sail Tidore...
DOK MI

Kabakaran di Padalarang Tewaskan Seorang Anak

👤Depi Gunawan 🕔Kamis 29 September 2022, 18:46 WIB
KEBAKARAN yang terjadi di Kampung Sudimampir, RT 04 RW 24 Desa/Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis...
MI/HARYANTO

Semen Gresik Apresiasi Inovator Terbaik di Perusahaannya

👤Haryanto 🕔Kamis 29 September 2022, 18:35 WIB
Gelaran SGIC V tahun 2022 berhasil menjaring 42 karya inovasi dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya