Senin 26 Oktober 2020, 18:27 WIB

Ketaatan Terhadap Prokes di Pasar Tradisional Kupang Berkurang

Palce Amalo | Nusantara
Ketaatan Terhadap Prokes di Pasar Tradisional Kupang Berkurang

DOK MI
Ilustrasi

 

KETAATAN masyarakat terhadap protokol kesehatan covid-19 di pasar tradisional di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur terlihat mulai berkurang. Pantauan di Pasar Tradisional Kasih, Kelurahan Naikoten 1, Kota Kupang, Senin (26/10), masih banyak pedagang maupun pembeli terlihat tidak mengenakan masker saat melakukan transaksi jual-beli.

Para pedagang yang tidak mengenakan masker mengaku tetap membawa  masker di dalam tas. "Masker ada di dalam tas, kalau pakai masker sulit bernafas," kata Justina, pedagang pasar setempat, memberikan alasan  tidak mengenakan masker.

Dia mengatakan banyak pedagang tetap mengenakan masker, namun ada juga yang melepaskan maskernya. "Melepaskan masker bukan berarti kami tidak waspada," tambahnya.

Pedagang lainya, Yanto Missa menyebutkan baru akan mengenakan masker saat razia masker dari petugas. Menurut Dia, pada saat tertentu terutama pagi hari saat pengunjung pasar banyak, biasanya pedagang mengenakan masker.

Mereka baru melepaskan masker saat pengunjung berkurang terutama pada siang hari. "Kami melepaskan masker kalau merasa sudah aman atau ketika pengunjung pasar berkurang," katanya.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji minta masyarakat tidak meremehkan pandemi korona. Untuk mencegah penyebaran virus terus meluas, waga diingatkan menjalankan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M).

Apalagi saat libur panjang akhir bulan ini, banyak orang akan mengunjungi destinasi wisata di luar Kota Kupang. Banyaknya orang yang berkunjung ke lokasi wisata, harus diantisipasi agar tidak terjadi penyebaran Covid-19.

Selain 3M, Ernest minta masyarakat yang berkunjung ke lokasi wisata, mengendarai kendaraan pribadi karena dinilai aman dan steril dari  Covid-19. "Pengunjung maupun warga yang ada di lokasi itu diminta taat terhadap protokol kesehatan atau 3M," ujarnya. (R-1)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Kasus Covid Belum Menurun, PPKM di Bali Akan Diperpanjang

👤Arnoldus Dhae 🕔Kamis 21 Januari 2021, 10:07 WIB
Bila kasus covid terus menanjak, Satpol PP Bali memutuskan untuk memperpanjang  Pembatasan Kegiatan Masyarakat...
MI/Akhmad Safuan

Belasan Ribu Warga Terdampak Banjir Pekalongan yang Sulit Surut

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 21 Januari 2021, 10:00 WIB
Banjir yang terjadi sejak Senin (18/1) tersebut merendam puluhan desa/kelurahan di sebagian besar kecamatan bagian hilir. Sedikitnya 5.075...
DOK IKP KOMINFO BABEL

Fasilitas Lengkap, Rumah Sakit Covid-19 Babel Mulai Beroperasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Januari 2021, 09:40 WIB
Rumah sakit ini akan melayani masyarakat yang terinfeksi Covid-19, dari kondisi ringan hingga kondisi berat. Tentu saja, pelayanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya