Selasa 01 September 2020, 09:34 WIB

UGM Lakukan Pelestarian Candi Prambanan dengan Dokumentasi 3D

Agus Utantoro | Nusantara
UGM Lakukan Pelestarian Candi Prambanan dengan Dokumentasi 3D

MI/Agus Utantoro
Microdrone dan peralatan pemetaan prambanan: Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar (TSPD) Sekolah Vokasi UGM

 

UNIVERSITAS Gadjah Mada menginisiasi pelestarian Candi Prambanan dari perspektif geometris dengan pemantauan pergerakan/deformasi candi dan pendokumentasian 3D bentuk candi secara detail, menyeluruh, dan terkini.

Ketua Program Studi Sarjana Terapan TSPD sekaligus dosen Teknik Geodesi UGM Rochmad Muryamto menjelaskan, kegiatan penelitian ini akan menghasilkan peta 3D.

"Kami dari Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar (TSPD) Sekolah Vokasi UGM berkolaborasi dengan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta melaksanakan kegiatan penelitian tentang Monitoring Deformasi dan Dokumentasi Digital 3D Candi Prambanan menggunakan Drone Lidar dan Terrestrial Laser Scanner," kata Rochmad.

Penelitian ini, lanjutnya, mendapat dukungan alat canggih berupa Drone LiDAR Microdrones dari PT Geotronix dan Terrestrial Laser Scanner dari PT. ASABA.

Rochmad menambahkan, Candi Prambanan ini unik, karena ketingggiannya berbeda dengan Candi Borobudur yang tingkat pertama, kedua dan ketiganya dapat digunakan untuk pemetaan per lantai.

"Candi Prambanan tidak demikian," imbuhnya.

Baca juga: Mulai 1 Juli Candi Prambanan dan Ratu Boko Dibuka Untuk Umum

Managing Director PT Geotronik Fajar Adi mengatakan sudah menjadi komitmen PT. Geotronix untuk mendukung kegiatan pendidikan maupun penelitian di perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya di UGM. 

"Drone LiDAR berfungsi untuk mendapatkan data berupa pointcloud yang dapat menampilkan obyek dengan detail dan cepat. Kalau drone pada umumnya hanya menampilkan citra berupa gambar atau foto saja," ungkapnya.

Fajar menyebut drone lidar ini memancarkan sinar laser yang aman lalu dipantulkan oleh obyek di bawahnya sehingga terbentuk gambaran kondisi nyata. Selain penelitian di Prambanan, drone lidar ini juga digunakan untuk pemetaan kawasan kampus di UGM. Penelitian dengan dukungan dari PT. Geotronix ini salah satu perwujudan dari MoU yang telah dilakukan sebelumnya antara UGM dan PT. Geotronix.

Sementara itu, Technical Support PT ASABA Wahyu Widiat Miko mengatakan dengan adanya dokumentasi 3D Candi Prambanan diharapkan dapat bermanfaat memudahkan proses restorasi, jika suatu saat terjadi kerusakan misalnya kerusakan akibat gempa bumi.

Kepala BPCP DIY Zaimul Azzah antusias dengan penelitian yang dilakukan oleh Prodi TSPD UGM. Bangunan candi dapat dipugar sesuai dengan ukuran dan bentuk aslinya untuk mempertahankan nilai historis kultural dari Candi Prambanan, sehingga dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya. 

Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk manajemen operasional dan kebencanaan Candi. Untuk mewujudkan harapan terhadap pelestarian budaya Candi Prambanan ini, Prodi TSPD UGM berkomitmen melaksanakan penelitian sampai proses pengolahan data.

Drone Lidar Microdrones dari PT Geotronix dan Terrestrial Laser Scanner dari PT. ASABA ini menjadi dukungan utama dalam menyelesaikan penelitian ini. Nantinya, hasil penelitian dapat bermanfaat pula untuk pihak BPCB DIY.(OL-5)
 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Desa Tilang Nikahkan Ratusan Pasangan secara Gratis

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:22 WIB
"Tahun ini ada sekitar 111 pasangan akan kita nikahkan secara bertahap. Proses pembiayaan pernikahan ditanggung oleh desa melalui...
Antara/Galih Pradipta.

Era Jokowi Dinilai Beri Banyak Ruang bagi Pengusaha Milenial

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:55 WIB
Di sisi lain, era digital juga semakin membuka ruang bagi pengusaha muda untuk mengakses dukungan teknologi dalam menjalankan...
MI/Gabriel langga

Pelaku Usaha Nilai Sektor Riil di NTT Belum Digarap Serius

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:35 WIB
KALAU NTT mau keluar dari kemiskinan itu wajib punya sektor riil minimal 50 persen.  Hanya dengan sektor riil maka NTT bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya