Selasa 30 Juni 2020, 07:35 WIB

Mulai 1 Juli Candi Prambanan dan Ratu Boko Dibuka Untuk Umum

Agus Utantoro | Nusantara
Mulai 1 Juli Candi Prambanan dan Ratu Boko Dibuka Untuk Umum

MI/Agus Utantoro
Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko resmi dibuka untuk umum pada 1 Juli 2020 dengan membatasi pengunjung hanya 1.500 orang.

 

DENGAN menerapkan protokol kesehatan secara ketat, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melakukan uji coba pembukaan operasional Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan dan Ratu Boko bagi  wisatawan mulai Rabu (1/7). Pembukaan operasional dilakukan setelah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan izin.

Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono, Senin (30/6) menjelaskan sebelum membuka uji coba PT TWC telah melakukan beberapa kali simulasi uji coba yang melibatkan kalangan pemangku kepentingan.

"Uji coba PT TWC sanggup untuk melaksanakan Protokol Kesehatan secara ketat kepada wisatawan yang berkunjung," kata Edy.

Dia menjelaskan, selama pembukaan dalam masa uji coba ini  PT TWC sendiri akan menerapkan pengaturan dan pembatasan jumlah pengunjung, antara lain jam kunjungan yang dibatasi. 

"Untuk jam operasional TWC Prambanan dimulai pukul 08.00 -16.00 wib sedangkan Ratu Boko pukul 10.00-18.00 wib dan akan dilakukan jeda istirahat selama 1 jam untuk membersihkan semua peralatan protokol kesehatan yang telah digunakan oleh wisatawan," kata Edy lagi. 

Pengelola candi juga membatasi jumlah pengunjung yang datang. Menurut dia, setiap harinya hanya menerima 1.500 pengunjung atau hanya sekitar 20 persen dari kapasitas pengunjung harian. Untuk pembelian tiket langsung di loket, maksimal 70 persen dari kapasitas kunjungan sedangkan 30 persen lainnya dijual secara online.

"Pelaksanaan uji coba ini akan dimonitoring oleh tim dari pemkab. Kami berharap penerapan ini dapat menjadi percontohan dalam pelaksanaan protokol kesehatan di era New Normal pariwisata ini," terang Edy Setijono.

baca juga: 16 Santri OTG dari Blora Diam-Diam Kembali ke Temboro

Dalam penerapan visitor management ini, PT TWC akan bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY. Pada zona I Candi, akan dilakukan pembatasan jumlah pengunjung. Selain itu, wisatawan juga tidak diperkenankan untuk naik ke atas Candi Prambanan dan dapat menikmati keindahan candi dari pelataran zona 1. (OL-3)

 

Baca Juga

Istimewa

Banjir Masamba Tewaskan Dua Orang, Trans Sulawesi Lumpuh

👤Lina Herlina 🕔Selasa 14 Juli 2020, 08:16 WIB
Meluapnya Sungai Masamba dan Sungai Meli di Masamba, Luwu Utara melumpuhkan jalan Trans Sulawesi. Ratusan rumah rusak, dan bandara pun ikut...
Antara/Yusuf Nugroho

Penerima BLT DD Harus Utamakan Untuk Kebutuhan Pangan Keluarga

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 14 Juli 2020, 07:47 WIB
Dalam kunjungan kerja di Polanharjo, Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan secara simbolis BLT DD tahap III di lima desa, yaitu Desa...
MI/PIUS ERLANGGA

Kaltara Ditawari Hak 10 persen Kelola Blok Maratua II

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 07:39 WIB
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyambut baik rencana pengembangan WK Maratua II yang ditawarkan oleh PT Pertamina (Persero) melalui PT...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya