Sabtu 22 Agustus 2020, 06:01 WIB

Humbang Hasundutan Menyambut Berkah

YP/DY/SS/N-3 | Nusantara
Humbang Hasundutan Menyambut Berkah

MI/Januari Hutabarat
Ilustrasi -- Petani di Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan memanen padi sawah miliknya ditengah pandemi covid 19

 

SELAIN Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas di Kalimantan Tengah, pemerintah juga menjadikan Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, sebagai kawasan lumbung pangan baru. Humbang Hasundutan diarahkan sebagai lumbung pangan hortikultura, yakni bawang merah, bawang putih, dan kentang.

Penetapan itu disambut Gubernur Edy Rahmayadi. Langkah awal telah dilakukan Kementerian Pertanian. “Ada 1.000 hektare lahan di Kabupaten Humbahas siap untuk menjadi kawasan food estate,” ungkap Edy, kemarin.

Luas lahan itu seperempat dari total lahan yang disiapkan di Kecamatan Pollung. Penanaman akan dilakukan di 9 blok.

Pengelolaan kawasan, lanjut Gubernur, akan dilakukan dengan teknologi pertanian modern untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Ini akan mendorong pembangunan akan berkembang sangat pesat, terutama untuk jalan, jaringan komunikasi, listrik, dan alat pertanian.”

Petani di daerah tersebut akan tetap menjadi subjek penting. Untuk mereka, akan diberi pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi pertanian.

Kementerian Pertanian juga membantu aspek-aspek teknis, di antaranya alat mesin pertanian berupa traktor besar, traktor mini, eskavator besar dan mini, serta traktor tangan.

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mem- persiapkan pembangunan jalan-jalan dan irigasi. “Mulai 2021, kawasan food estate sudah terimplementasikan dan menjadi contoh untuk diterapkan di wilayah lain,” tandas Gubernur.

Kondisi berbeda dilaporkan dari Kalimantan Selatna. Dinas pertanian setem- pat menyatakan adanya perbedaan data lahan antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

“Kami minta Kementerian Agraria dan Tata Ruang memperbarui data. Luas lahan pertanian belum masuk dalam perhitungan terkait produksi pertanian,” tutur Kepala Dinas Pertanian Syamsir Rahman. (YP/DY/SS/N-3)

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Gunungkidul Perketat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Ternak

👤Ardi Teristi 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:38 WIB
PENGAWASAN lalu lintas hewan ternak di Kabupaten Gunungkidul, DiY diperketat. Hal ini dilakukan untuka mencegah masuknya penyakit mulut dan...
dok.ist

Dinilai Layak, Relawan Kalsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:14 WIB
KEBERHASILAN Ganjar Pranowo membawa Jawa Tengah lebih baik membuat ratusan orang di Kalimantan Selatan mendukungnya untuk menjadi Presiden...
Dok. Pribadi

Methodius Kossay Luncurkan Yayasan Harapan Generasi Papua, Fokus Bangun Karakter Pemuda Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:11 WIB
"Fokus yayasan adalah membangun pribadi manusia terutama generasi Papua seutuhnya sebagai subjek perubahan melalui pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya