Selasa 04 Februari 2020, 21:55 WIB

Pemkab Purwakarta Usul Jalan Provinsi Diperlebar

Reza Sunarya | Nusantara
Pemkab Purwakarta Usul Jalan Provinsi Diperlebar

MI/Reza Sunarya
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

 

KONDISI jalan Provinsi yang menghubungkan Purwakarta - Subang melalui jalur Wanayasa dinilai terlalu sempit. Lantaran itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera melelebarkan jalan tersebut.

Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat merupakan salah satu wilayah kecil di Jabar yang diapit beberapa kabupaten. Menurut Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, dengan banyaknya jalur perlintasan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kabupaten Purwakarta Untuk memberi keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dan para pengguna jalan.

"Di wilayah kami, ada tiga jalur utama yang selama ini dipakai untuk mobilitas masyarakat. Yakni, jalur utama yang statusnya milik kabupaten, provinsi dan pusat," kata Bupati Anne, Selasa (4/2).

Anne menjelaskan, kondisi jalan di tiga jalur utama tersebut ada beberapa titik yang kondisinya perlu ditingkatkan. Salah satunya, jalur milik provinsi yang menghubungkan Purwakarta dengan Kabupaten Subang lewat Wanayasa.

"Untuk jalur provinsi ke arah Sagala Herang itu, memang kurang memadai. Misalnya, dari lebarnya. Idealnya, lebar jalur penghubung tersebut sekitar 12 meter. Kalau sekarang kan paling 6-8 meter. Sedangkan, secara mobilitas akses tersebut terbiang cukup tinggi," ungkap Anne.

Pemkab Purwakarta mengusulkan agar jalur tersebut bisa di perlebar. Sebab jalan tersebut termasuk jalur krusial untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat. Apalagi, itu menjadi jalur pariwisata

Anne menyebutkan, setiap akhir pekan kawasan itu selalu ramai dilintasi wisatawan. Baik itu, mereka yang sekedar melihat keindahan Situ Wanayasa, menjajal kuliner khas, Sate Maranggi, atau diteruskan ke arah Bojong dan juga ke arah Subang.

Anne menambahkan, di sekitaran Situ Wanayasa hingga alun - alunnya, sering terjadi kemacetan yang cukup panjang. Hal itu dikarenakan jumlah kendaraan yang menumpuk disertai dengan padatnya aktivitas masyarakat setempat. (OL-13)

 

Baca Juga

Dok, Pribadi

DPRD Maluku Minta RUU Daerah Kepulauan Segera Direalisasikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:52 WIB
Menurut dia, setiap anggaran yang dikucurkan kepada Maluku, selalu mengacu pada luas daratan. Padahal, Maluku adalah provinsi yang berbasis...
DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Optimalkan Pertanian Kopi, Universitas Jember dan Astra Dampingi Sekolah Kopi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:35 WIB
Sekolah kopi ini merupakan badan usaha milik desa (BUM-Des) yang dibiayai oleh PT Astra serta didampingi oleh Lembaga Penelitian dan...
DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Didukung Pemda dan Astra, Petani Ponorogo Ekspor 300 Ton Rempah-Rempah

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:25 WIB
Setelah mengekspor 50 ton temulawak dan kunyit pada Maret 2022, Senin (8/8), sebanyak 300 ton komoditas serupa ditambah jahe dan pinang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya