Jumat 03 Januari 2020, 12:17 WIB

Berbagai Bencana Mengintai Jawa Tengah

Akhmad Safuan | Nusantara
Berbagai Bencana Mengintai Jawa Tengah

MI/Akhmad Safuan
Bupati Grobogan Sri Sumarni melihat kondisi tanggul Sungai Jajar yang jebol akibat hujan, Jumat (3/1/2020)

 

MEMASUKI awal tahun, bencana mulai mengintai daerah di Jawa Tengah.Sejumlah daerah sudah mulai terjadi banjir, tanah longsor, dan angin kencang.  Di Kabupaten Grobogan tanggul Sungai Jajar jebol di dua desa yakni di Desa  Mojoagung, Kecamatan Karangrayung dan Desa Kemloko, Kecamatan Godong, akibatnya empat desa dilanda banjir setinggi 50 cm.

Bupati Grobogan Sri Sumarni meminta agar tanggul Sungai Jajar yang jebol di empat titik sepanjang 4-6 meter di dua desa itu segera diperbaiki. Ia juga meminta segera dilakukan normalisasi sungai agar banjir yang menimpa empat desa tersebut tidak terulang.

Demikian juga di Kabupaten Kendal tanggul Sungai Bodri tepatnya di Desa Lanji, Kecamatan Patebon, Kendal ambles sepanjang 80 meter akibat guyuran   hujan dalam beberapa hari ini. 

"Sebelumnya ambles hanya 17 meter tapi akibat hujan menjadi 80 meter sedalam 6 meter. Kam langsung melakukan perbaikan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal, Sugiyono.

Kepala Badan Penanggulaangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sudaryanto mengatakan memasuki  2020 ini ada sejumlah bencana alam terjadi dan langsung ditangani dengan cepat. 

"Saat ini kami  konsentrasi untuk antisipasi,"  imbuhnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa dan luka dalam peristuwa itu, lanjut Sudaryanto, tercatat sejumlah bencana alam telah terjadi di beberapa daerah di Jawa Tengah ini seperti angin kencang terjadi di Kabupaten Semarang dan Purbalingga, banjir di Kota Tegal, Kudus dan Brebes serta bencana tanah longsor terjadi di Batang dan Purbalingga.

baca juga: Tiga Hari Kedepan, Cuaca Ekstrem Ancam Babel

"Longsor terjadi di Dukuh Karangwuni, Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga sebanyak 3.000 meter kubik material tanah sempat menutup jalan," ujar Sudaryanto.  (OL-3)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Pemprov Bali Bantah Mensos Risma Soal Rp400 Miliar Dana Bansos Tersendat

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 07:35 WIB
PEMPROV Bali membantah pernyataan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang menyebutkan Rp400 miliuar dana bansos di Bali belum...
Ist

12 Peserta UMKM Lolos Tahapan Bootcamp Floratama Academy

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 05:58 WIB
Floratama Academy yang ke depannya diharapkan akan melahirkan lebih banyak lagi pengusaha-pengusaha lokal di kawasan Floratama (Flores,...
Dok. Hutama Karya

Kolaborasi Hutama Karya-BWA Renovasi Surau di Salah Satu Desa Terpencil di Sumbar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:28 WIB
Surau ini menjadi satu-satunya tempat sarana ibadah masyarakat dan tempat anak-anak untuk belajar mengaji dan menghafal...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya