Rabu 04 Desember 2019, 20:19 WIB

Banjir Masih Rendam Tujuh Kecamatan di Rokan Hulu

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Banjir Masih Rendam Tujuh Kecamatan di Rokan Hulu

ANTARA FOTO/Humas Rokan Hulu/wpa
Warga melintasi banjir yang menggenangi Kota Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Riau, Selasa (26/11)

 

BANJIR akibat tingginya curah hujan ditambah meluapnya sejumlah sungai di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, terus berlanjut. Setelah sepekan berlalu sejak banjir besar merendam, hinggi kini banjir masih merendam tujuh kecamatan di daerah tersebut.

"Sebagian besar wilayah Rokan Hulu diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sejak semalam sehingga membuat debit air beberapa sungai bertambah. Banjir kembali meningkat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger di Pekanbaru, kemarin.

Dijelaskannya, BPBD setempat saat ini masih melakukan penanganan bencana banjir di tujuh Kecamatan yaitu Rambah, Rokan IV Koto, Ujung Batu, Pagaran Tapah, Kunto Darussalam, Rambah Hilir, dan Bonai Darussalam. Di Rambah saat ini terjadi luapan Sungai Pawan persisnya di Desa Rambah Tengah Hulu membuat pemukiman warga digenangi air.

"Namun dilaporkan banjir di sebagian Rambah saat ini air sudah surut," ujar Edwar.

Adapun, di Desa Babussalam banjir mulai menggenangi halaman rumah warga. Kondisi serupa juga terjadi di Desa Pematang Berangan yang kini sudah digenangi air dengan ketinggian sekitar 25 - 45 sentimeter (cm) di pemukiman rumah warga.

"Saat ini tim BPBD masih survei ke lokasi yang banjir untuk menindak lanjuti keadaan air terkini," jelas Edwar.

Berdasarkan laporan sementara, kondisi terkini air banjir masih bertahan pada sejumlah titik dan belum surut dengan signifikan. Sedangkan cuaca di sebagian wilayah itu masih terpantau mendung yang ditakutkan akan turun hujan dengan intensitas yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan debit air kembali meningkat dan membuat luasan wilayah banjir menjadi semakin besar.

"BPBD Rokan Hulu masih status siaga bencana banjir dan standby di posko setempat. Sedangkan aparat TNI dari Koramil melakukan patroli dan evakuasi terhadap korban banjir," jelasnya.

Sementara situasi sejumlah sungai di Rokan Hulu sedang dalam status waspada banjir. Khususnya Sungai Rokan dan Sungai Batang Lubuh. Tetapi untuk Sungai Batang Sosa saat ini dalam kondisi Siaga Banjir.

"Selalu waspada dan berhati-hati bagi warga sekitar daerah aliran sungai akan kemungkinan terjadinya bencana banjir, tanah longsor ataupun orang tenggelam akibat derasnya arus sungai," imbau Edwar.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Rumah Sakit di Kupang Darurat Oksigen

👤Palce Amalo 🕔Senin 25 Januari 2021, 10:11 WIB
"Rata-rata kebutuhan oksigen di Kota Kupang 500 tabung per hari, kemampuan suplier hanya 200 tabung per hari, jadi defisit 300 ...
MI/Gabriel Langga

Menunggu 5 Tahun, 15.500 Pohon Sengon Milik ASN Sikka Siap Panen

👤Gabriel Langga 🕔Senin 25 Januari 2021, 10:00 WIB
"Bulan Oktober tahun ini rencananya kita tebang pohon sengon jenis laut ini. Perusahaan di Jawa sudah siap...
Ist

Puluhan Rumah Hancur, Gubernur Babel akan Berjuang ke Pusat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 09:30 WIB
Di Desa Pulau Gersik, Kecamatan Selat Nasik Kabupaten Belitung, Provinsi Babel, ini tiap tahun hampir terjadi bencana abrasi yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya