Kamis 08 Agustus 2019, 13:59 WIB

Puluhan Hewan Kurban di Cianjur Tidak Layak

Benny Bastiandy | Nusantara
 Puluhan Hewan Kurban di Cianjur Tidak Layak

MI/Pius Erlangga
Menjelang Idul Adha penjualan hewan kurban mulai marak dimana-mana.

 

PULUHAN hewan kurban di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dinyatakan belum cukup umur dikurbankan. Temuan itu berdasarkan hasil pemantauan tim ke sejumlah lokasi penjualan hewan kurban hingga Rabu (7/8).

"Terdata sementara ada 57 ekor hewan kurban yang ditemukan tak layak dari sisi usia. Rata-rata baru berusia di bawah 1 tahun. Kalau secara fisik, hewan kurban itu sehat," kata Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur, M Agung Rianto, Kamis (8/8).

Puluhan hewan kurban yang dinyatakan tak layak itu terdiri dari 6 ekor sapi dan 51 ekor domba. Hewan kurban itu disarankan agar dipelihara lagi sehingga nanti jika dijual sudah memenuhi syarat, utamanya dari segi usia.

"Selain menemukan hewan kurban tak layak, kami juga mendapati 17 ekor yang sakit pada bagian mata terdiri dari sapi 3 ekor dan domba 12 ekor," jelas dia.

Belasan hewan kurban yang sakit itu saat ini sedang dalam proses pengobatan. Biasanya akan kembali sembuh dalam waktu dua hari.

"Saat ini dalam proses pengobatan," tukasnya.

Secara umum, lanjut Agung, kondisi hewan kurban yang beredar di Cianjur saat ini tidak berpotensi terpapar penyakit berbahaya, seperti antraks maupun sapi gila. Jaminan itu tak terlepas intensifnya sosialisasi dari pemerintah kepada para pedagang dalam segi perawatan.

"Alhamdulillah, sejauh ini di Cianjur belum pernah ada temuan kasus penyakit hewan kurban," tegasnya.

baca juga: Habib Bahar Bin Smith Dipindah ke Lapas Cibinong

Hingga saat ini tim bentukan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur telah memeriksa sebanyak 13.867 ekor hewan kurban. Rinciannya, sapi sebanyak 1.091 ekor, domba sebanyak 7.305 ekor, kambing sebanyak 451 ekor, dan kerbau sebanyak 20 ekor.

"Kami telah turun ke lapangan sejak 30 Juli hingga nanti H+2 Idul Adha atau pada 13 Agustus. Petugas memeriksa kesehatan dan kelayakan kurban," pungkasnya. (OL-3)

 

 

Baca Juga

 MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Imunisasi Polio Tahap II di Pidie Dimulai 30 Januari

👤Amiruddin A.R 🕔Kamis 02 Februari 2023, 09:05 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, semakin gencar melakukan imunisasi polio terhadap anak-anak di seluruh kawasan...
dok.Ist

PAPDESI Gelar Musyawarah Daerah di Kabupaten Karawang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 08:30 WIB
PERKUMPULAN Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) menggelar kegiatan Musyawarah Daerah bersama ratusan kepala daerah di...
MI/HO

Tanggani Inflasi, Pemkab Mubar Bakal Gelar Pasar Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:55 WIB
PEMKAB Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara terus melakukan terobosan dalam penanganan inflasi daerah di awal 2023. Salah satunya ialah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya