Senin 05 Agustus 2019, 11:38 WIB

Kemarau Picu Meningkatnya Penyakit Ispa dan Diare

Ferdinandus Rabu | Nusantara
Kemarau Picu Meningkatnya Penyakit Ispa dan Diare

Antara
Ilustrasi

 

KEMARAU panjang memicu terjadinya kekeringan dan krisis air bersih menyebabkan meningkatnya kassus diare dan ispa di Kabupaten Flores Timur. Data dari dinas kesehatan Flores Timur menyebutkan penyakit paling banyak terjadi di musim kemarau adalah infeksi saluran pernapasan akut (ispa) dan diare. Dalam kurun lima bulan terhitung dari Januari hingga Mei tercatat 18.079 kasus ispa, dan 892 kasus penyakit diare.

Kepala Dinas Kesehatan Flores Timur, Ogi Silimalar melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Sudirman Kia, mengatakan saat ini para petugas kesehatan terus memantau dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit ispa dan diare.

"Ada dua jenis penyakit yang saat ini meningkat akibat kemarau, yaitu penyakit ispa yaitu gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek  karena musim kemarau ini sering berdebu, angin yang cukup keras serta terjadinya perubahan suhu, sehingga kasus ispa ini meningkat. Selain itu kami pun waspada terhadap penyakit diare yang saat ini juga meningkat karena mulai berkurangnya air bersih akibat kekeringan,"  ujar Sudirman, Senin (5/8).

baca juga: Operasional KA di Bandung Sempat Terganggu Saat Listrik Padam

Sudirman menambahkan bahwa dari laporan 21 puskesmas yang ada di Flores Timur memang terjadi peningkatan penyakit ispa dan diare, yang berpotensi terjadi kejadian luar biasa. Pasalnya dalam kurun waktu lima bulan mulai Januari hingga Mei ada 18.079 kasus ispa. Sedangkan kasus diare sebanyak 892 kasus.

"Kami berharap  warga harus mulai membiasakan pola hidup sehat untuk membentengi diri dari penyakit, dan menjaga kebersihan lingkungan," pungkasnya. (OL-3)

 

 

Baca Juga

MI/Widjajadi

HUT RI 2022: Perwira Kopassus Masak BBQ untuk Para Prajurit

👤Widjajadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:29 WIB
SERUNYA para perwira Kopassus mengolah makanan dalam memeriahkan perayaan peringatan hari kemerdekaan RI ke-77, di kompleks Batalyon 22...
MI/Haryanto

Pengelola Wisata Ketep Pass Magelang Apresiasi PWI Jateng

👤Haryanto 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:24 WIB
DIREKTUR  Utama (Dirut) Daya Tarik Wisata Ketep Pass Kabupaten Magelang, Mul Budi Santoso mengapresiasi dan menyambut baik Ajang...
MI/Heri Susetyo

Hewan Ternak di Porong Divaksin Booster PMK

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:20 WIB
LEBIH dari 100 ekor hewan ternak sapi dan kambing di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo mendapatkan suntikan vaksin guna mengantisipasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya