Rabu 03 Juli 2019, 18:56 WIB

Soal Sampah Danau Toba, Bupati dan Badan Otorita Salahkan Warga

Puji Santoso | Nusantara
Soal Sampah Danau Toba, Bupati dan Badan Otorita Salahkan Warga

MI/Januari Hurabarat
Dermaga di kawasan Danau Toba yang dipadati sampah.

 

BUPATI Samosir dan Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba menyayangkan aksi  warga yang membuang sampai di Danau Toba, Sumatra Utara.

"Sangat disayangkan masih ada warga yang berperilaku membuang sampah di Danau Toba. Itu wujud ketidakpedulian mereka dalam menjaga kawasan itu agar tetap indah," ujar Bupati Samosir Rapidin Simbolon menjawab Media Indonesia, via sambungan telepon, Rabu (3/7).

Atas perilaku warga yang tidak bertanggung jawab itu, Rapidin berjanji akan memberlakukan sanksi dan tindakan tegas bagi siapa saja yang kedapatan mengotori kawasan Danau Toba di wilayah Kabupaten Samosir.

Rapidin mengakui adanya tantangan yang cukup berat dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya kesadaran memelihara kebersihan Danau Toba agar tetap indah dan menjadi magnet bagi wisatawan asing dan domestik yang hendak ke Danau Toba.

"Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk memelihara Danau Toba agar tetap indah dan bersih sekaligus mengedukasi masyarakat yang tidak memahami akan pentingnya kebersihan lingkungan danau. Jadi jalan yang harus berlakukan adalah memberikan sanksi dan tindakan tegas sesuai  dengan aturan dan hukum yang berlaku," ujar Rapidin.

Baca juga: Danau Toba masih Jorok Dipenuhi Sampah

Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba  (BPODT) Arie Prasetyo juga menyayangkan adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab membuang sampah ke kawasan Danau Toba.

Dia mengharapkan agar masyarakat terutama yang berada di kawasan sekitar Danau Toba ikut bersama-sama menjaga kelestarian dan keindahan Danau Toba agar para wisatawan asing dan domestik merasa betah datang ke Danau Toba.

Arie pun berjanji akan terus melakukan konsolidasi dan kerja sama dengan sejumlah kepala daerah yang berada di kawasan Danau Toba untuk membuat aturan atau perda yang tegas agar masyarakat dapat teredukasi dalam menjaga kawasan Danau Toba.

"Urusan kebersihan dan keindahan Danau Toba itu bukanlah semata-mata tugas pemerintah saja, melainkan tugas dan tanggung jawab kita semua, terutama masyarakat yang berada di sekitar kawasan Danau Toba," ujarnya. (X-15)
 


 

Baca Juga

Dok YPA-MDR

Keren, Siswa SD di Yogyakarta Hasilkan Batik Tulis Bermotif Srikaya Selama Tiga Bulan!

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 23:30 WIB
Komunitas Pembatik Cilik dikembangkan di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul,...
Ist

Tahun Depan Blora Dapat DBH Migas Sebesar Rp160 Miliar

👤Widhoroso 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 23:08 WIB
PERJUANGAN panjang Kabupaten Blora, Jawa Tengah untuk mendapatkan porsi dana bagi hasil (DBH) migas akhirnya membuahkan...
MI/Bagus Suryo

Kisruh Legalitas Kepengurusan Landa PMI Kota Malang

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:45 WIB
PALANG Merah Indonesia (PMI) Kota Malang, Jawa Timur, kisruh karena mantan pengurus yang mengatasnamakan Tim Tujuh malayangkan protes atas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya