Selasa 16 April 2019, 16:11 WIB

Kelebihan Volume, TPA Sukawinatan Ditutup

Dwi Apriani | Nusantara
Kelebihan Volume, TPA Sukawinatan Ditutup

MI/Dwi Apriani
Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda meninjau TPA Karyajaya Kota Palembang

 

OPERASIONAL Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan, Palembang, Sumatra Selatan ditutup. Penyebabnya TPA tersebut tidak bisa menampung sampah.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Faizal membenarkan bahwa penutupan operasional TPA Sukawinatan ini dikarenakan daya tampung sudah tidak mencukupi.

"Kita stop dulu untuk pembuangan sampah ke TPA Sukawinatan. Kita akan lakukan sistem penataan di sana," kata Faizal di Palembang, Selasa (16/4).

Saat ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang melakukan pembersihan di TPA secara manual. Volume sampah pada tiga bulan terakhir meningkat. Sebelumnya volume sampah 682 ton per hari menjadi 720 ton per hari. Salah satu pemicunya adalah saat ini sedang musim buah tiba. Untuk itu, Pemkot Palembang sudah menyiapkan TPA baru yakni TPA 2 Karyajaya. Saat ini TPA 2 Karyajaya sudah bisa dioperasikan meskipun jalan masuk ke TPA dalam proses perbaikan.

"Untuk masuk ke dalam pembuangan sampah tersebut, jalannya masih rusak. Untuk sementara kami lakukan pembuangan sampah di bagian depan. Bila cepat diperbaiki maka sampah tidak akan  menumpuk di luar." terangnya.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda yang ikut meninjau lokasi TPA Karyajaya seluas 40 hektare itu berharap kemampuan TPA itu menjadi titik fokus Pemkot Palembang dalam mewujudkan kota yang bersih, rapi dan indah.

"Saya harapkan kepada dinas terkait agar bisa melakukan koordinasi guna melakukan percepatan perbaikan jalan tersebut. Jika dibiarkan maka percuma semua sampah akan menumpuk di depan. Memang 40% lokasi tempat ini adalah rawa dan tanahnya lembut, sehingga sangat sulit sekali untuk dilewati oleh kendaraan yang memiliki beban saat musim penghujan seperti ini," jelasnya. (OL-3)

Baca Juga

Dok. Pos Indonesia

Penyaluran BLT BBM Tahap 2, PKH, BNPT di Bali Berjalan Lancar, Tembus Capaian 14%

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 17:13 WIB
Tidak hanya menyalurkan BLT BBM tahap 2 periode November-Desember, PT Pos Indonesia juga menyalurkan PKH dan BPNT (bansos...
DOK Pribadi.

Pengelola Uang Rakyat Papua Perlu Diberi Efek Jera

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 17:00 WIB
Ketua PGGJ ini secara khusus meminta kepada aparat penegak hukum untuk tanpa pandang bulu menindak tegas semua pihak di Tanah Papua yang...
Dok. Astra Financial

Didukung Astra Financial, Singkawang dan Sambas Resmikan Mahligai Pesisir

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 16:02 WIB
Pembangunan gerbang pembatas yang diresmikan oleh Pemkab Singkawang dan Pemkab Sambas, mendapat dukungan dari Astra...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya