Senin 15 April 2019, 18:38 WIB

Baasyir Pilih tidak Mencoblos di Pemilu 2019

Eriez Rizal | Nusantara
Baasyir Pilih tidak Mencoblos di Pemilu 2019

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Kuasa hukum capres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra (kanan) mengunjungi narapidana terorisme Abu Bakar Baasyir (tengah)

 

TERPIDANA kasus terorisme Abu Bakar Baasyir memilih tak menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Baasyir sedang menyiapkan surat terbuka untuk mengumumkan kepada publik.

Informasi tersebut didapat dari Kepala Divisi Lapas Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Abdul Aris, saat ditemui di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution Bandung, Senin (15/4). Abdul Aris tidak bisa mengintervensi dalam hal penggunaan hak pilih meski semua sosialisasi sudah dilakukan. Menurutnya, mencoblos atau tidak merupakan hak setiap warga negara.

"(Abu Bakar Baasyir) menyampaikan pada pejabat di Lapas Gunung Sindur bahwa dia tidak akan menggunakan hak pilihnya," kata Abdul Aris.

"Nanti ada surat pernyataan dari yang bersangkutan. Ya monggo saja, karena mungkin calon yang akan dipilihnya tidak ada," imbuhnya.

Baca juga: Pembebasan Baasyir Positif Ditolak

Selain Baasyir, ia juga mendapat informasi ada sejumlah tahanan lain yang enggan memilih di Pemilu 2019, meski mengaku belum mengetahui angkanya. Yang pasti, di Lapas Gunung Sindur, sebanyak 112 orang dari total 178 napi masuk dalam daftar pemilih tetap. Data itu pun sudah diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Intinya kami memfasilitasi (pencoblosan). Masalah mau atau tidak (mencoblos) itu terserah setiap individu," pungkasnya.

Diketahui, Abu Bakar Basayir dipidana penjara selama 15 tahun sejak 2011 karena turut mendanai kegiatan pelatihan terorisme di Nangroe Aceh Darussalam. Belum lama ini, ia menolak menandatangani dokumen taat pada Pancasila sebagai syarat pembebasan setelah menjalani dua pertiga hukuman.(OL-5)

 

Baca Juga

DOK MI.

Polda Jateng: Kerangka Manusia di Tepi Sungai Berkelamin Laki-Laki

👤Mediaindonesia.co 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:02 WIB
Kepolisian mengidentifikasi temuan kerangka manusia di tepi Sungai Depok di Desa Pasigatan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah,...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Sultan HB X dan Paku Alam X Kembali Ditetapkan sebagai Gubernur-Wagub DIY

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:50 WIB
Sebelum penetapan Gubernur dan Wagub DIY Periode 2022-2027, DPRD DIY telah melalui seluruh...
DOK.MI

Sadis, Paman Tikam Keponakan yang Sedang Belajar di Sekolah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:40 WIB
Kapolsek Sunggal Komisaris Yudha mengatakan bahwa pelaku pembunuhan tersebut tak lain merupakan paman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya