Selasa 21 Mei 2019, 09:05 WIB

Skema Satu Arah Rugikan Angkutan Bus

Pra/JI/E-3 | Mudik
Skema Satu Arah Rugikan Angkutan Bus

ANTARA /RISKY ANDRIANTO
Bus angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) menunggu penumpang di Terminal Induk Kota Bekasi, Bekasi, Jawa Barat, kemarin.

KEBIJAKAN satu arah yang diterapkan pemerintah untuk melancarkan arus mudik ditentang Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI). IPOMI menilai kebijakan satu arah itu dipandang merugikan para pelaku usaha bus.

Ketua Umum IPOMI Kurnia Lesani Adnan mengungkapkan skema itu akan memicu keterlambatan armada bus dan angkutan umum lain yang masuk dari Jawa Timur dan Jawa Tengah ke Jakarta.

Padahal, jika ingin membuat arus mudik lancar, pemerintah seharusnya memudahkan moda transportasi bus dan mendorong masyarakat menggunakan angkutan tersebut.

"Namun, sekarang kebijakan pemerintah tidak berpihak kepada kami. Padahal, tujuan utama Trans Jawa itu untuk efisiensi, mengurangi beban konsumsi bahan bakar, memudahkan konektivitas. Kalau seperti ini, hal itu tak bisa kami capai," ujar Kurnia melalui keterangan resminya, kemarin.

Sebelumnya, dalam mengantisipasi terjadinya kemacetan selama musim mudik Lebaran 2019, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri akan memberlakukan arus lalu lintas satu arah (one way) di jalan tol dari arah Jakarta menuju Brebes Barat.

Hal itu berarti, selama musim mudik, tol hanya dibuka satu arah, yakni untuk kendaraan yang datang dari arah Jakarta hingga pintu keluar Tol Brebes Barat.

Untuk kendaraan yang datang dari arah tol Semarang, akan disiapkan pintu keluar melalui exit tol Brebes Barat untuk kemudian melintas melalui jalur pantura ke Jakarta.

Penerapan lalu lintas satu arah akan dimulai dari Kilometer (Km) 29 Gerbang Tol Cikarang Utama hingga Km 262 Brebes Barat dan berjalan 24 jam penuh sejak 30 Mei sampai 2 Juni mendatang.

Kasat Lantas Polres Brebes, Ajun Komisaris M Adimas Purwonegoro Sugeng Eko, menjelaskan kebijakan satu arah akan mengurai penumpukan kendaraan pemudik akibat penyempitan jalur sebelum Brebes Barat.

Dia melanjutkan dengan rencana pemberlakuan sistem satu arah dari Jakarta menuju Brebes Barat, akan berdampak pada kendaraan yang datang dari arah Purwokerto karena tidak bisa memasuki Tol Pejagan menuju arah barat (Jakarta). (Pra/JI/E-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Paramayuda/foc/18

Puncak Arus Mudik telah Berlalu

👤Hld/Tri/JI/X-7 🕔Minggu 22 Desember 2019, 07:40 WIB
Untuk mengurai kepadatan lalin itu, rekayasa lalin contraflow diperpanjang mulai dari Km 47 hingga Km...
Mi/Permana

Mudik Nataru, Polri Prediksi Lonjakan 40% Mobil di Tol TransJawa

👤Antara 🕔Sabtu 21 Desember 2019, 10:15 WIB
"Banyak masyarakat mudik hari ini. Kenaikan (arus kendaraan) sampai 40%," kata Istiono di Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek,...
Medcom.id

75 Ribu Kendaraan Tinggalkan Yogyakarta Hari Ini

👤Patricia Vicka 🕔Sabtu 08 Juni 2019, 11:35 WIB
Peningkatan volume kendaraan yang menuju Jawa Tengah mulai terlihat sejak kemarin Jumat, 7 Juni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya