Jumat 04 November 2022, 10:09 WIB

Laksanakan Arahan Jokowi, Pj Gubernur DKI Lanjutkan LRT Sampai Manggarai

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Laksanakan Arahan Jokowi, Pj Gubernur DKI Lanjutkan LRT Sampai Manggarai

Antara/Hafidz Mubarak
Ilustrasi: LRT.

 

PEMPROV DKI bakal melanjutkan pembangunan Lintas Rel Terpadu (LRT). Sebelumnya LRT Jakarta telah terbangun dari Kelapa Gading ke Velodrome Rawamangun.

Rencananya, tahun depan pembangunan LRT akan melanjutkan rute tersebut hingga ke Manggarai. Kepastian ini didapat setelah DPRD DKI Jakarta menyetujui penyuntikan Penyertaan Modal Daerah (PMD) ke BUMD tersebut sebesar Rp442 miliar.

Persetujuan PMD itu diberikan setelah dilakukannya pembahasan RAPBD 2023 di Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/11).

"Teman-teman (anggota DPRD) setuju PMD ke LRT? Baik. Diketok, LRT sampai Manggarai," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dalam rapat tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Sekda DKI Jakarta Bidang Perekonomian Sri Haryati menjelaskan, pembangunan LRT Jakarta ini sebagai implementasi hasil rapat terbatas yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo bersama Kementerian Perhubungan dan turut dihadiri oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada Rabu (2/11) lalu.

Trase LRT Jakarta yang menuju ke Manggarai juga merupakan trase lama yang sudah direncanakan sebelumnya. Dengan merencanakan trase LRT ke Manggarai harapannya Pemprov DKI bisa mengintegrasikan LRT Jakarta dengan KRL Jabodetabek.

Namun, hal tersebut terkendala karena Kemenhub tak mengeluarkan izin trase sehingga Pemprov DKI memutuskan membelokkan rute LRT Jakarta ke Jakarta International Stadium (JIS).

"Tapi kemarin sudah memutuskan dipimpin presiden dari Velodrome langaung Manggarai. Untuk itu mohon dukungan. Tentu ini harus kita lanjutkan," ujar Sri.

Untuk menindaklanjuti persetujuan dari DPRD atas PMD ke PT LRT Jakarta, Pemprov DKI akan memperbarui kajian yang sudah ada.

"Mungkin akan kita sesuaikan terkait perpindahan trase dan kami sedang siapkan terkait permohonan trase dan lain-lain," imbuhnya. (OL-12)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Viral Ribuan Ikan Meloncat ke Daratan di Pantai Marina Ancol

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 19:59 WIB
Dari video yang dihimpun, tampak video menampilkan ikan-ikan yang melompat daratan. Ribuan ikan itu kemudian diambil oleh warga...
Antara

Sama-sama Tolak UMP DKI 2023: Buruh Bilang Kurang, Pengusaha Sebaliknya

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 30 November 2022, 19:04 WIB
Penetapan Pemprov DKI soal nominal UMP ini jadi pemicu kedua pihak kompak sama-sama menolak dan menuntut nominal UMP baru senilai Rp4,9...
John Moore/Getty Images/AFP

Polda Metro Ungkap Sabu Likuid dari Iran

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 18:55 WIB
Polda Metro Jaya mengungkap likuid yang berbahan methamphetamine atau sabu-sabu. Ia mengatakan likuid berbahan sabu tersebut tergolong baru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya