Minggu 21 November 2021, 18:20 WIB

Sudah 8,84 juta Warga Vaksin Dosis Lengkap, DKI Jakarta Belum Bisa Pastikan Herd Immunity Tercapai

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Sudah 8,84 juta Warga Vaksin Dosis Lengkap, DKI Jakarta Belum Bisa Pastikan Herd Immunity Tercapai

Antara/Aprilio Akbar
Vaksinasi Covid-19 di gelanggang remaja, Jakarta

 

KEPALA Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan pihaknya belum dapat memastikan herd immunity covid-19 atau kekebalan komunitas di Ibukota telah tercapai meskipun pihaknya sudah memvaksinasi 8,84 juta warga secara lengkap. 

Menurut dia, menentukan herd immunity tidak hanya berdasarkan dari capaian vaksinasi. Namun, capaian vaksinasi hanya salah satu dari elemen penting untuk mendapatkan herd immunity. 

Penyebabnya, masih banyak warga yang tinggal di Jakarta belum divaksin salah satunya dari kelompok anak usia di bawah 12 tahun. 

"Di Jakarta anak umur kurang dari 12 tahun itu cukup banyak, sekitar 1 jutaan. Kepada anak umur di bawah 12 tahun ini masih bisa sakit. Tapi belum bisa divaksin. Memang sudah boleh divaksin tapi belum bisa karena belum ada kebijakan teknis dari pusat," kata Dwi saat dihubungi, Minggu (21/11). 

Meskipun kelompok umur 6-11 tahun sudah diperbolehkan vaksin, hingga kini kebijakan teknis belum dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Namun, pihaknya tidak mau bersantai-santai. 

Baca juga : Dinkes Bekasi Buka Layanan Vaksinasi Covid Setiap Hari di Stadion PCB

Selagi menunggu kebijakan teknis dari pemerintah pusat untuk vaksinasi covid-19 bagi anak umur 6-11 tahun, Dinkes DKI sudah mulai menyusun metode untuk persiapan melakukan vaksin. 

"Nanti kalau kebijakan sudah keluar, kita sudah tidak buang waktu. Dari sekarang kita buat skenarionya," jelasnya. 

Selain itu, juga masih ada warga di Jakarta yang masih belum mau divaksin dengan berbagai alasan meskipun secara kondisi kesehatan bisa mendapatkan vaksin. 

"Itu yang kami masih jangkau terus supaya tetep bisa terlindungi. Walaupun bukan KTP Jakarta tapi tetap harus dilindungi. Itu yang kita mau kejar supaya vaksinasinya terkejar semua. Bicara herd immunity hitungannya susah susah gampang," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

dok.pribadi

Bantah Bela Sambo, Yudi: Justru Dia Pernah Penjarakan Saya

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:41 WIB
KOORDINATOR Eksekutif Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional (JAKI) angkat bicara mengenai pemberitaan yang menyebutkan dirinya pernah...
ANTARA/Galih Pradipta

Buruh Tinggalkan Gedung DPR, Jalan ke Arah Slipi Masih Ditutup

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:40 WIB
Terpantau mereka berjalan ke arah Semanggi menuju Senayan, sedangkan mobil komando pembawa alat pengeras suara melaju ke arah Slipi,...
DOK Zaf Eye Care.

Pemeriksaan Mata 246 Siswa SD di Jaksel, Miopia Tertinggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 16:44 WIB
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa diprediksi pada 2050 sekitar 50% atau setengah populasi dunia akan menderita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya