Kamis 11 November 2021, 09:44 WIB

Ada Pembangunan MRT, DKI Pastikan Monas tidak Dibuka untuk Reuni 212

Hilda Julaika | Megapolitan
Ada Pembangunan MRT, DKI Pastikan Monas tidak Dibuka untuk Reuni 212

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Sejumlah kendaraan melintas di dekat proyek pembangunan MRT Jakarta fase 2A di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta.

 

DINAS Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengatakan reuni 212 tidak akan diizinkan dilakukan di Monumen Nasional (Monas) pada tahun ini. Hal itu lantaran adanya pembangunan MRT dan penataan Stasiun Gambir. 

Karenanya, tidak memungkinkan pada 2 Desember ada kegiatan besar reuni aksi 212 yang bisa menimbulkan kerumunan besar itu.

“Yah kan saat ini belum buka (Monas). Iya pertimbangannya seperti itu (adanya pembangunan MRT dan penataan Stasiun Gambir),” kata Kadis Parekraf DKI Jakarta Andhika Permata, kepada wartawan, Rabu (10/11) malam.

Baca juga: PA 212 Ingin Reuni, Pemprov DKI belum Izinkan Kegiatan Keramaian

Sementara itu, ketika ditanya sudah adanya aktivitas yang dibuka di luar ruangan di tengah pandemi. Pihaknya menjawab berkaitan dengan izin reuni 212 di Monas ini karena pertimbangan aktivitas pembangunan. 

Aktivitas pembangunan di sekitar Monas itu menjadi penyebab Monas belum dibuka untuk kegiatan besar.

“Iya, karena memang karena ada pertimbangan, seperti sedang berlangsung pembangunan MRT dan penataan Stasiun Gambir itu kan perlu dicermati,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta rencana aksi Reuni 212 dipikirkan kembali. Ia mengatakan aksi yang menimbulkan kerumunan lebih baik dikaji ulang, lantaran saat ini Jakarta masih dalam situasi pandemi covid-19.

“Karena ini masa pandemi tentu harapan kita semua kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan dan berpotensi penyebaran kita harap dipikirkan kembali, dipertimbangkan kembali sampai Jakarta betul-betul aman," kata Riza, di Jakarta, Minggu (7/11).

Riza mengatakan, sejauh ini, DKI Jakarta memang dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1. Meski demikian, ia mengatakan kegiatan yang mengundang keramaian lebih baik dihindari. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran covid-19. (OL-1)

Baca Juga

MI/ Furqon

Kasus Positif Covid-19 di Kota Bekasi Melonjak Drastis

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:23 WIB
Adapun angka kematian dalam seminggu terakhir tidak mengalami penambahan atau tetap sebanyak 1.138 jiwa atau secara persentase mencapai...
Ilustrasi

Bertambah, 43 Sekolah Tutup Karena Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:10 WIB
dari 43 sekolah yang ditutup sementara karena memiliki kasus covid-19 tersebut, sebanyak 28 sekolah sudah kembali menggelar pembelajaran...
DOK MI.

Pelaku Utama Pengeroyokan Seorang TNI AD Ditangkap

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 19 Januari 2022, 16:00 WIB
Salah satu dari ketiga yang lain yaitu B yang diduga kuat berperan melakukan penusukan terhadap Pratu Sahdi. Polisi sendiri telah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya