Jumat 17 September 2021, 20:26 WIB

Dosen UNJ Kembangkan Literasi Bahasa Asing di TBM Bukit Duri Bercerita

mediaindonesia.com | Megapolitan
Dosen UNJ Kembangkan Literasi Bahasa Asing di TBM Bukit Duri Bercerita

Ist
Dosen UNJ memberi literasi bahasa Inggris dan Prancis TBM) Bukit Duri Bercerita di kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (17/9)

 

PENGEANALAN bahasa asing, khususnya bahasa Inggris dan Prancis sejak dini kepada anak-anak usia sekolah sangat penting.

Karena itu, sejumlah dosen Fakultas Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prancis, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan pengabdikan masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi di Taman Bacaan (TBM) Bukit Duri Bercerita di kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (17/9).

Ketika di TBM Bukit Duri Bercerita, para dosen bahasa Inggris dan Prancis ini membagi kelompok pelajar yang selama ini aktif di TBM Bukit Duri Bercerita, untuk mengajarkan dasar-dasar bahasa Inggris untuk SD dan juga bahasa Prancis bagi yang sudah SMP.

Agar efektif dalam proses pengenalan dan belajar, para dosen membagi dua kelompok; bahasa Inggris dan bahasa Prancis.

“Kami sangat senang bekerjasama dengan TBM Bukit Duri Bercerita. Anak-anak yang mengukuti pelajaran dasar bahasa inggris dan Prancis, juga antusias," ujar Kooridnator Program Studi Bahasa Prancis, Dr. Subur Ismail, MPd yang memimpin rombongan dosen dalam pengabdian masyarakat di TBM Bukit Duri Bercerita ini.

."Pengenalan bahasa Inggris dan Prancis ini  penting bagi anak-anak karena mereka akan ingat dan semoga terus mau mempelajar bahasa ini,” jelas Subur.

Selain Dr. Subur, para dosen program bahasa Prancis UNJ antara lain Yusi Asnidar dan Ratna. Sedangkan dari program bahasa Inggris yakni Ati Sumiati,Dian Safitri, dan Yunilis Andika.

Yusi Asnidar mengatakan, kegiatan yang berlangsung sejak siang hingga petang ini merupakan wujud pengabdian dosen pada masyarakat luas. “Ini bentuk pembinaan, pendidikan, dan transfer ilmu kepada masyarakat,” katanya.

Ati Sumiati merasa sangat terkesan dengan antusiasme anak-anak yang mengikuti pelajaran bahasa Inggris. Mereka juga aktif dan berani menjawab pertanyaan serta mau bekerjasama dengan temen mereka.

“Ingin rasanya kembali ke TBM ini untuk berkumpul dan belajar bareng bersama anak-anak yang bersemangat. Kuncinya, ya semangat. Itu yang saya lihat dari anak-anak Bukit Duri ini,” ujar Yusi sambil berucap terima kasih kepada pendiri dan Pembina TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih dan Suradi.

Kesan serupa diungkapkan Ratna. Dia mengatakan, pengabdian masyarakat di TBM ini amat berkesan. Sebabnya, anak-anak sangatbersemangat untuk tahu dan mengerti bahasa asing.

 “Kami dari Fakultas Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prancis, mendapatan kesempatan untuk melakukan kegiatan meningkatkan literasi pada anak-anak Bukit Duri,” kata Ratna.

Sinergi Positif

Sementara itu pendiri TBM Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih mengatakan, dirinya sangat menyambut baik menjalin kerja sama dengan UNJ mengingat kegiatan pengenalan bahasa asing khsususnya Inggris dan Prancis sangat penting.

“Anak-anak membutuhkan motivasi untuk mengembangkan diri. Salah satunya dari pengenalan bahasa asing ini. Buktinya ketika ditanya siapa yang ingin ke luar negeri, semua anak angkat tangan sambil menyebut negara yang mereka inginkan,” kata Kak Ning Nong, sapaan akrab Safrudiningsih.

Safruningsih lebih lanjut mengatakan, TBM yang didirikan, terbuka untuk bekerjasama dengan banyak pihak, baik perguruan tinggi, maupun TBM lain. Dengan bekerjasama, maka program literasi di daerah, seperti di kawasan Bukit Duri pasti akan lebih maju lagi.

“Kami juga sudah meningkatkan status TBM ini menjadi berbadan hukum yayasan sehingga memudahkan gerak kegiatan, terutama bila menjalin kerja sama dengan pihak lain.Tujuan kami, semua pihak yang peduli pada literasi dan upaya mencerdaskan anak bangsa, bisa berkolaborasi,”katanya. (RO/OL-09)

Baca Juga

dok.ist

Korban Keracunan Nasi Kotak PSI Lapor Polisi

👤Selamat Saragih 🕔Senin 25 Oktober 2021, 21:11 WIB
KEDUA korban saat ini belum pulang dari rumah sakit. Mereka sempat muntah berkali-kali dan diinfus saat di RSUD...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Kemenhub Beri Peringatan ke Inka soal Tubrukan Kereta LRT

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Oktober 2021, 19:47 WIB
Kemenhub pun meminta proses investigasi dan evaluasi atas insiden ini dapat segera dilaksanakan dengan...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Transjakarta Diminta Lakukan Pemeriksaan Sopir Tiap Hari

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 25 Oktober 2021, 19:30 WIB
Dua armada Transjakarta milik operator Bianglala Metropolitan dengan nomor body BMP 211 dan BMP 240 mengalami...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya