Rabu 15 September 2021, 11:05 WIB

Bioskop, Tempat Wisata dan Olahraga Terbuka di Kota Bekasi Diizinkan Beroperasi

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Bioskop, Tempat Wisata dan Olahraga Terbuka di Kota Bekasi Diizinkan Beroperasi

ANTARA FOTO/Didik S
Ilustrasi persiapan pembukaan bioskop

 

BIOSKOP, tempat wisata tertentu dan olahraga terbuka di Kota Bekasi mulai diizinkan beroperasi. Kebijakan itu sesuai dengan surat edaran nomor: 443.1/1433/SET.COVID-19 tentang perpanjangan PPKM level 3 covid-19 mulai dari 14 sampai 20 September 2021.

"Bioskop dapat beroperasi dengan ketentuan wajib menggunakan aplikasi pedulilindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Rabu (15/9).

Selain itu, lanjutnya, kapasitas maksimal 50% dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam pedulilindungi yang boleh masuk. Kemudian dilarang makan dan minum atau menjual makanan dan minuman dalam area bioskop. Mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi juga akan melakukan uji coba protokol kesehatan untuk tempat wisata tertentu. Tempat wisata harus mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan. Kemudian wajib menggunakan aplikasi pedulilindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

"Anak kurang dari 12 tahun dilarang untuk memasuki tempat wisata yang dilakukan uji coba ini," tegasnya.

Baca juga: Pemkot Bekasi Buka Gerai Vaksinasi di Mall Hingga 30 September

Ditambahkannya, kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakat, lokasi, seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumuman ditutup sementara. Kecuali untuk kegiatan olahraga dilakukan pada ruang terbuka atau outdoor baik secara individu atau kelompok kecil maksimal 4 orang, tidak melibatkan kontak fisik dengan orang lain dan tidak secara rutin memerlukan interaksi individu dalam jarak dekat dapat dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Kegiatan olahraga di ruang tertutup, kegiatan olahraga yang dilakukan secara berkelompok, dan pertandingan olahraga ditutup sementara," ujarnya.

Adapun fasilitas olahraga di ruang terbuka diizinkan dibuka dengan jumlah orang 50% dari kapasitas maksimal. Masker harus digunakan selama melakukan aktivitas olahraga, kecuali untuk aktivitas olahraga yang harus melepas masker, seperti renang. Untuk aktivitas olahraga yang harus melepas masker, masker hanya dilepas ketika pelaksanaan aktivitas olahraga.

"Pengecekan suhu dilakukan kepada setiap orang yang masuk ke dalam fasilitas olahraga," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Viral Ribuan Ikan Meloncat ke Daratan di Pantai Marina Ancol

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 19:59 WIB
Dari video yang dihimpun, tampak video menampilkan ikan-ikan yang melompat daratan. Ribuan ikan itu kemudian diambil oleh warga...
Antara

Sama-sama Tolak UMP DKI 2023: Buruh Bilang Kurang, Pengusaha Sebaliknya

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 30 November 2022, 19:04 WIB
Penetapan Pemprov DKI soal nominal UMP ini jadi pemicu kedua pihak kompak sama-sama menolak dan menuntut nominal UMP baru senilai Rp4,9...
John Moore/Getty Images/AFP

Polda Metro Ungkap Sabu Likuid dari Iran

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 18:55 WIB
Polda Metro Jaya mengungkap likuid yang berbahan methamphetamine atau sabu-sabu. Ia mengatakan likuid berbahan sabu tersebut tergolong baru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya