Senin 13 September 2021, 21:19 WIB

Pasar Jaya Beri Sanksi Penjual Daging Anjing di Pasar Senen

Selamat Saragih | Megapolitan
Pasar Jaya Beri Sanksi Penjual Daging Anjing di Pasar Senen

Antara
Ilustrasi

 

MANAJER Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya, Gatra Vaganza, mengatakan, pihaknya telah memberikan sanksi kepada pedagang yang menjual daging anjing di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat. Pasalnya, jenis yang diizinkan dijual para padagang di lokasi tersebut sebenarnya adalah daging babi tetapi yang bersangkutan menjual daging anjing.

"Jadi kios dagangannya sesuai SK 269 Tahun 2016 tentang tempat usahanya adalah tidak sesuai peruntukan. Sesuai surat izin penggunaan tempat usaha adalah SIPTU jenis jualannya adalah daging babi atau B2,” ujar Gatra dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (13/9).

Awalnya, kata Gatra, pihaknya mendapatkan informasi dari media sosial bahwa penjual tersebut menjual dagangannya tidak sesuai dengan jenis yang diizinkan. Lalu, Pasar Jaya langsung turun ke lapangan dan memanggil pedagang bersangkutan untuk diberikan pembinaan dan sanksi peringatan.

“Karena ini memang jenis dagangannya tidak sesuai peruntukan dan sebelumnya memang juga tidak boleh berjualan daging anjing di dalam area pasar. Hal ini dikarenakan tidak ada jenis dagangan itu sejak awal,” jelasnya.

Gatra menegaskan, sanksi yang diberikan kepada pedagang itu adalah surat peringatan pertama. Jika masih ditemukan hal serupa maka pedagang tersebut dapat dikenakan sanksi berikutnya surat peringatan kedua dan ketiga hingga pencabutan hak prioritas dagangannya sesuai dengan ketentuan yang ada di Pasar Jaya.

“Jenis jualan itu sendiri sudah diatur berdasarkan jenis jualan dan kiosnya sehingga pedagang tidak boleh mengubah jenis dagangannya karena sudah berdasarkan zonasi. Perdagangan tidak sesuai zonasi dapat membuat pasar terlihat semrawut dan juga sangat merugikan pedagang lainnya,” pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/ Ramdani

23 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Digunakan di Gerai 17 Mall Kota Bekas

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 18 September 2021, 23:51 WIB
Ia mengungkapkan, Pemkot Bekasi memberikan fasilitas vaksin di berbagai tempat demi mempercepat...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Ganjil-genap di Puncak-Cianjur Diusulkan Diterapkan Permanen

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 18 September 2021, 19:05 WIB
Polres menilai penerapan ganjil genap di jalur Puncak-Cianjur-Bogor, efektif untuk diterapkan secara permanen disertai aturan...
MI/Susanto

2.440 Wisatawan Kunjungi TMII pada Akhir Pekan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 18 September 2021, 18:49 WIB
Adi Widodo menambahkan penerapan aturan pembatasan pelat nomor ganjil-genap kendaraan bermotor mempengaruhi jumlah wisatawan yang akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya