Rabu 04 Agustus 2021, 08:22 WIB

Ketua DPRD Kota Bekasi Dukung Vaksinasi Covid-19 108 Ribu Pelajar SMP

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Ketua DPRD Kota Bekasi Dukung Vaksinasi Covid-19 108 Ribu Pelajar SMP

MI/Ramdani
ILustrasi: Warga yang terdiri dari pelajar dan orang dewasa mengikuti vaksinasi Covid-19 Sinovac di areal parkir Ramayana Ciledug

 

KETUA DPRD Kota Bekasi Chairoman Juwono Putro mendukung upaya percepatan vaksinasi sebanyak 108 ribu anak atau pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bekasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Rabu (4/8), akan memulai vaksinasi massal pelajar SMP di sejumlah sekolah sesuai rayon wilayah.

"Saya mendukung vaksinasi kepada anak atau pelajar SMP untuk mencapai herd immunity. Sebab jumlah anak yang terpapar covid-19 di Kota Bekasi cukup tinggi. Ada sekitar 10 ribu kasus anak dari 50 ribu kasus covid-19 di Kota Bekasi yang berarti mencapai 20% dari total kasus covid-19," kata Chairoman yang akrab disapa Bang Choi kepada Media Indonesia, Rabu (4/8).

Ia menjelaskan, pemerintah dapat melakukan proses vaksinasi dosis pertama bagi anak SMP dalam waktu 10 hari. Kemudian setelah 28 hari segera dilanjutkan lagi dengan dosis kedua. Setelah itu, harus dilakukan monitoring dan evaluasi selama 14 hari terhadap tingkat kekebalan imunitas anak terhadap virus covid-19.

"Walau telah selesai divaksin tidak bisa langsung dimulai pembelajaran tatap muka (PTM). Harus tunggu 14 hari masa monitoring setelah vaksin dosis kedua. Bila memungkinkan hasilnya, bisa kita mulai belajar tatap muka secara layak," papar Choi yang merupakan politikus PKS.

Baca juga: Vaksinasi Pelajar Di Sumenep Terkendala Izin Orang Tua Siswa

Menurut Choi, saat ini kondisi Kota Bekasi sudah berangsur membaik. Jumlah kasus terkonfirmasi covid-19 terus menurun, dan pasien rawat inap rumah sakit juga menurun. Kegiatan vaksinasi massal juga terus berjalan termasuk bagi para pelajar SMP usia 12-15 tahun. Semua itu untuk mencegah terjadinya lonjakan penularan.

"Kita akan terus melihat hasil perpanjangan PPKM level 4 ini. Meski tampak mulai membaik tapi jangan lengah. Walau anak sudah divaksin tetap jaga protokol kesehatan," tegasnya.

Sementara Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan pelaksanaan program vaksinasi untuk anak SMP akan dilaksanakan pada 4 Agustus 2021.

Ia menerangkan proses pelaksanaan vaksinasi dilakukan di sekolah. Setiap satu sekolah, mencakup para pelajar dari beberapa sekolah. Adapun lokasi sekolah akan disesuaikan dengan rayonisasi wilayah.(OL-5)

Baca Juga

Antara

DKI Harap Status Pandemi Bisa Turun Jadi Endemi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 21 September 2021, 15:39 WIB
Pemprov DKI Jakarta juga terus menggencarkan upaya 3T, yakni testing, tracing dan treatment, agar pandemi covid-19 semakin...
MI/Adam Dwi.

PSP Bervaksin Upaya Membangkitkan kembali Sektor Terdampak Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 21 September 2021, 15:28 WIB
Kajian ilmiah 2019 pada Journal of Sport and Health Science menyebutkan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons imun, menurunkan risiko...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Vaksinasi di Kecamatan Tanah Abang Capai 60%

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 21 September 2021, 13:22 WIB
Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengatakan dengan capaian vaksinasi tersebut, wilayah Tanah Abang sudah dalam zona...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Awas Banjir Mengancam Kota Jakarta

KEKHAWATIRAN selalu menyelimuti sebagian warga Provinsi DKI Jakarta jika musim hujan kembali datang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya