Selasa 27 Juli 2021, 18:23 WIB

Vaksinasi Pelajar Di Sumenep Terkendala Izin Orang Tua Siswa

Mohammad Ghazi | Nusantara
Vaksinasi Pelajar Di Sumenep Terkendala Izin Orang Tua Siswa

DOK MI
Ilustrasi

 

KEGIATAN vaksinasi untuk kalangan pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terkendala izin orang tua siswa. Dari 1.500 pelajar yang dirargetkan ikut vaksinasi, baru 104 orang yang mendaftar.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sumenep, Syamsul Arifin, mengatakan sebagian besar orangtua siswa masih kawatir mengikutkan anak-anak mereka pada program vaksinasi karena terpengaruh isu hoaks. "Masih ada keraguan di kalangan orangtua siswa terhadap vaksin dan vaksinasi. Mereka masih dipengaruhi kabar adanya akibat fatal setelah mengikuti vaksinasi," kata Syamsul Arifin, Senin (27/7).

Akibatnya, jumlah pelajar yang mendaftar program tersebut sangat minim dan jauh dari target. Bahkan, di sebagian sekolah sama sekali tidak ada pendaftar. Padahal, jelas dia, pemerintah menjamin seluruh prosedur dalam vaksinasi akan dijalankan, termasuk pemeriksaan kesehatan sebelum peserta divaksin. Hal itu untuk mengantisipasi adanya peserta yang tidak layak mendapatkan vaksin karena faktor kesehatan, diantaranya karena memiliki penyakit bawaan tertentu.

Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi untuk kalangan pelajar SLTA tersebut berbasis sekolah serta dilaksanakan di masing-masing sekolah dan bekerja sama dengan Satgas Covid-19. Satgas Covid-19 Sumenep bersama pimpinan sekolah masih melakukan pendekatan dan penjelasan terhadap orangtua siswa tentang program vaksinasi tersebut.

"Butuh waktu untuk memahamkan masalah ini. Dan kami akan terus melaksanakan program ini, termasuk melakukan langkah-langkah yang dibutukan," katanya. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Capaian Vaksinasi Dosis Pertama di Sidoarjo Kurang dari 50%

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 18 September 2021, 17:01 WIB
Akibat capaian vaksinasi covid-19 yang relatif rendah, wilayah Sidoarjo masuk dalam level 3 berdasarkan asesmen Kementerian Dalam...
dok polres manggarai barat

Kapolres Manggarai Barat Puji Kekompakan Tim Atasi Pandemi

👤RO/Micom 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:32 WIB
Rumah sakit di Manggarai Barat nihil pasien...
Ist

Maharani Kemala Foundation Gelar 2.000 Vaksinasi di Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 12:30 WIB
Yayasan Maharani Kemala Foundation ditunjuk Staf Khusus Presiden untuk menyelengarakan 2.000 Vaksinasi untuk masyarakat umum dan penyandang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya