Selasa 22 Juni 2021, 23:29 WIB

Anggaran Penanganan Covid-19 DKI Tahun Jauh Berkurang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anggaran Penanganan Covid-19 DKI Tahun Jauh Berkurang

Antara
Ilustrasi

 

JUMLAH anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam APBD DKI Jakarta tahun ini hanya Rp2,1 triliun. Jumlah ini menurun jauh dibandingkan BTT tahun lalu sejumlah Rp5,5 triliun. Anggaran BTT dialokasikan untuk penanganan covid-19.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono mengatakan, anggaran BTT di antaranya digunakan untuk pembayaran intensif tenaga kesehatan yang menangani Covid-19. "Juga digunakan untuk bansos tunai, dapur umum, pembayaran insentif nakes, honor tim vaksinasi. Ini salah satunya dipakai untuk hal tersebut," kata Djoko saat dihubungi, Selasa (22/6).

Sementara itu, perolehan pendapatan asli daerah (PAD) DKI Jakarta dari sektor pajak dan retribusi baru mencapai Rp13 triliun atau 26,4% dari total APBD sebesar Rp72 triliun. Capaian ini, menurut Djoko, tergolong rendah. Pandemi membuat sektor pendapatan pajak DKI sulit untuk meraih angka maksimal. Terlebih 80% pendapatan DKI memang berasal dari sektor pajak di bidang jasa seperti restoran, perhotelan, pariwisata, dan lain-lain.

Adanya pengetatan PPKM Mikro yang akan membuat dunia usaha semakin turun pun dikhawatirkan akan kembali membuat raihan pendapatan pajak semakin turun.

"Yang jelas upaya-upaya untuk pengoptimalan pajak daerah itu dilakukan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah yang dilakukan secara assesment atau pun official assesment. Kalau intensifikasi melalui perbaikan setoran pemeriksaan pajak daerah, pencairan utang, dan penagihan pajak. Ekstensifikasi dilakukan melalui pendataan dan objek pajak baru," jelasnya.

Iapun berharap pandemi covid-19 dapat segera ditanggulangi sehingga perekonomian Jakarta bisa kembali pulih. (OL-12)

Baca Juga

usatoday.com

31,4 Persen Remaja Jakarta Kecanduan Bermain Internet

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:55 WIB
Alasan anak kecanduan bermain internet terutama game online, disebabkan karena anak merasa permainan tersebut dapat memenuhi...
Dok MI

Kota Bekasi Raih Penghargaan Kota Layak Anak Nindya

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:22 WIB
Penghargaan diberikan secara virtual oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Dinsos DKI Bantah Warga Belum Vaksin Tidak Dapat Bansos Beras

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:10 WIB
Warga yang hendak menerima BSNT tersebut hanya diimbau untuk segera melakukan vaksinasi, bukan dilarang untuk menerima BSNT meskipun belum...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya