Jumat 04 Juni 2021, 21:05 WIB

Selundupkan Harley, Eks Dirut Garuda Dituntut 1 Tahun Penjara

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Selundupkan Harley, Eks Dirut Garuda Dituntut 1 Tahun Penjara

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Bukti penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton

 

MANTAN Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara atau disapa Ari Askhara dituntut hukuman satu tahun penjara terkait kasus penyelundupan Harley Davidson dan Brompton.

Mengutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Tangerang, Jumat (4/6), jaksa menilai Ari terbukti menyelundupkan sepeda Brompton hingga sepeda motor Harley-Davidson dari Eropa ke Indonesia.

"Menyatakan terdakwa I Gusti Ngurah Askhara telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana 'menganjurkan untuk menyembunyikan barang impor secara melawan hukum," sebagaimana dakwaan pertama melanggar Pasal 102 huruf e Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan juncto Pasal 55 ayat (1) ke-2 KUHP," demikian bunyi tuntutan jaksa, dikutip siaran pers Kementerian BUMN, Jumat (4/6).

Jaksa dalam tuntutannya menilai Ari telah dengan sengaja melanggar atuan kepabeanan. Mantan Bos Garuda itu dan terdakwa Iwan Joeniarto didakwa melanggar pertama Pasal 102 huruf e Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan juncto Pasal 55 ayat (1) ke-2 KUHP, sebut Kasi Intel Kejari Tangerang R Bayu Probo Sutopo.

Baca juga: Pemprov DKI: Klaster Mudik Terlihat Dua Pekan Lagi

Proses hukum ini dianggap selaras dengan langkah yang dilakukan Kementerian Keuangan maupun Kementerian BUMN. Kala kasus ini mencuat, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir dikatakan turun langsung untuk menginvestigasi persoalan.

Hasil dari investigasi itu menemukan adanya pelanggaran serius yang dilakukan oleh eks Dirut dan beberapa petinggi Garuda itu. Erick pun langsung diketahui mengeluarkan surat pemecatan kepada Ari dan beberapa pejabat di Garuda.

Terkait kasus ini, eks Dirut Garuda terancam menjalani hukuman penjara selama setahun. "Menjatuhkan pidana penjara terhadap Terdakwa I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra selama 1 tahun dikurangi selama terdakwa dalam penahanan," tuntut jaksa. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fauzan

Empat Terdakwa Kebakaran Lapas Klas I Tangerang Tidak Ajukan Eksepsi

👤Reporter: Pahrul Roji/ Penulis: NARENDRA WISNU KARISMA 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:30 WIB
Ketika ditanya oleh Hakim Ketua, Aji Suryo, terkait dakwaan JPU, keempat terdakwa yang merupakan petugas Lapas Kelas I Tangerang inipun...
MI/Andri Widiyanto

Kasus Omikron di Jakarta Terus Bertambah, Capai 1.697 Kasus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:24 WIB
"Perlu digarisbawahi bahwa 10.299 orang dari jumlah kasus aktif (84,4%) merupakan transmisi lokal, sedangkan sisanya adalah pelaku...
MI/VICKY GUSTIAWAN

Jika Gagal Nyapres, Anies Bisa Maju Lagi di Pilkada Jakarta 2024

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:10 WIB
Calon gubernur DKI, Anies masih memungkinkan karena Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pilkada dilaksanakan pada bulan yang berbeda, meski...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya