Minggu 02 Mei 2021, 11:40 WIB

Dukung Penderita Thalassemia, Wagub DKI Ajak Warga Donor Darah

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dukung Penderita Thalassemia, Wagub DKI Ajak Warga Donor Darah

ANTARA/Sigid Kurniawan
Ilustrasi--Warga mendonorkan darahnya di mobil donor darah PMI di kompleks Masjid Raya Al-Musyawarah, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri kegiatan Donor Darah Ramadan (DORA) 2021 yang digelar Thalassemia Movement di Kantor PMI Jakarta, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5).

Ia menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut mengingat saat pandemi ini stok darah di PMI Jakarta terus menipis sedangkan kebutuhan darah terus meningkat

"Atas nama Pemprov DKI Jakarta, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas niat tulus dan mulia Thalassemia Movement menyelenggarakan DORA 2021, dengan tema: Defeating Stigma, Finding The Real You. Tentunya dengan berpegang pada prinsip protokol kesehatan, pandemi covid-19 masih berlangsung," kata pria yang akrab disapa Ariza itu dalam keterangan resmi, Sabtu (1/5).

Baca juga: Pemprov DKI Perketat Prokes di Pasar-Pasar Jelang Hari Raya

Lebih lanjut, Ariza menambahkan kebutuhan darah sangat tinggi ketika terjadi bencana alam dan wabah penyakit.

Oleh sebab itu, kehadiran para pendonor darah sukarela dinilai sangat tepat. Mereka otomatis memotivasi elemen masyarakat lain untuk turut menyumbangkan darah.

"Melakukan donor darah di bulan suci Ramadan merupakan perbuatan mulia, saya bangga kepada para pendonor darah yang peduli terlebih kepada para penderita Thalassemia. Kegiatan ini penting untuk menumbuhkan kepedulian dan minat masyarakat untuk mendonorkan darah, terlebih di bulan suci Ramadan yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan," ujarnya.

Darah yang disumbangkan setiap pendonor secara sukarela, selain sangat membantu dalam terapi penyembuhan penderita Thalassemia, juga bermanfaat bagi masyarakat lain yang membutuhkan darah serta meningkatkan kuantitas dan kualitas darah di PMI DKI Jakarta.

Mantan anggota DPR RI itu berharap kondisi para pendonor sehat dan memenuhi syarat untuk mendonorkan darah sehingga dapat dimanfaatkan untuk transfusi bagi para penderita Thalassemia.

"Ini merupakan langkah terpuji, perbuatan mulia, membantu mengurangi beban biaya pengobatan Thalassemia yang masih sangat tinggi bagi sebagian masyarakat yang kurang berkemampuan. Sampai saat ini belum diketemukan obat yang dapat menyembuhkan secara total penyakit Thalassemia. Pengobatan paling optimal baru sebatas transfusi darah secara berkala dan terus menerus seumur hidup, serta mempertahankan kadar hemoglobin agar tetap normal," papar Ariza. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Polda Metro Pastikan Penembakan Exit Bintaro tak Terkait Ketua DPRD

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 22:55 WIB
Menurutnya hubungan antara O dengan Ipda OS hanya hubungan personal yang tidak ada kaitannya dengan...
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Polres Jakpus Sita Sabu Senilai Rp91 Miliar

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:40 WIB
Dari penangkapan, lanjut Panji, pihaknya menyita 61 kilogram sabu milik jaringan...
MI/Andri Widiyanto.

Antisipasi Banjir, Waduk Halim Perdanakusuma Dikeruk Besok

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:38 WIB
Pihaknya juga telah menyosialisasikan pengerukan waduk itu kepada warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya