Senin 26 April 2021, 22:16 WIB

DPRD: Capaian Denda Prokes Bukan Prestasi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
DPRD: Capaian Denda Prokes Bukan Prestasi

Antara
Pelanggar protokol kesehatan

 

KETUA Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono menyarankan kepada Satpol PP DKI Jakarta agar tidak jumawa terhadap jumlah denda pelanggaran covid-19 yang berhasil diperoleh. Menurutnya hasil denda dan penindakan bukanlah sebuah prestasi.

"Angka denda pelanggaran baik itu masker atau tempat usaha bukan prestasi," kata Mujiyono dalam rapat Komisi A di Gedung DPRD DKI, Senin (26/4).

Menurutnya, hal yang bisa disebut prestasi adalah bila masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan. Untuk itu, ia minta agar Satpol PP DKI Jakarta terus meningkatkan pengawasan protokol kesehatan.

"Yang prestasi itu ya kalau prokesnya patuh. Dendanya pastikan masuk aman ke kas daerah. Kita ingin masyarakat makin ke sini makin patuh," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan pihaknya tidak pernah menganggap pencapaian denda yang diperoleh sebagai prestasi. Sejak awal mula sanksi denda administrasi diberikan, Arifin mengatakan pihaknya tidak mengejar materi melainkan berharap adanya efek jera terhadap masyarakat.

"Ya memang benar. Kami tidak pernah menonjolkan bahwa sanksi denda itu prestasi, bukan. Denda itu adalah bagian dari sebuah penegakan. Penegakan disiplin yang diberikan kepada masyarakat itu tindakannya di antara lain ada sanksi denda dan saya laporkan adalah jumlah orangnya," kata Arifin.

Ia pun menegaskan pihaknya tidak menyasar denda sebagai salah satu capaian dalam pengawasan protokol kesehatan di Ibu Kota.

"Karena memang bukan tujuan kita memang dendanya. Jadi bukan menanggungjawabkan sanksi dendanya. bukan. Karena memang bukan tujuan kita untuk mendapatkan denda, bukan," tandasnya.

Di sisi lain, ia menegaskan pengawasan protokol kesehatan terus berjalan di Jakarta.

"Satpol PP masih concern melakukan pengawasan, masih terus menerus melakukan pengawasan memonitor pelaksanaan prokes di pekantoran," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

dok.humas Pemkot Bekasi

Pemkot Bekasi Perpanjang PPKM Level 2 Hingga 13 Desember

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 01 Desember 2021, 17:15 WIB
PEMKOT Bekasi perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 covid-19 di wilayahnya mulai 30 November hingga 13...
Dok MI

Penembakan Terjadi di Bintaro, Wagub: Jangan Saling Intimidasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 01 Desember 2021, 16:49 WIB
pihaknya belum mengetahui informasi mendetail mengenai kejadian tersebut. Ia pun mengimbau agar setiap warga dengan petugas tak saling...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Pasar Santa Contoh Nyata Transformasi Digital Pelaku Usaha Mikro

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 01 Desember 2021, 15:00 WIB
Dengan keterbatasan mobilitas, pendampingan untuk go digital menjadi salah satunya cara untuk mengembalikan kondisi penjualan agar tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya