Kamis 22 April 2021, 08:55 WIB

Gejolak Harga Pangan Tinggi, DPRD Minta SKPD & BUMD DKI Bersinergi

Hilda Julaika | Megapolitan
Gejolak Harga Pangan Tinggi, DPRD Minta SKPD & BUMD DKI Bersinergi

MI/Andri Widiyanto
Gelar bazaar cabai dan bawang putih murah

 

KOMISI B DPRD Provinsi DKI Jakarta menyoroti kualitas harga pangan di sepanjang tahun 2020 yang tidak stabil. Berdasarkan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) penggunaan APBD. Di tahun 2020 diketahui sejumlah harga pangan mengalami gejolak harga.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz mengatakan untuk mengantisipasi peristiwa serupa terulang di tahun ini, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) wajib menjalin kerja sama dengan BUMD terkait seperti PT Food Station Tjipinang, PD Dharma Jaya dan Perumda Pasar Jaya.

“Kami melihat bahwa memang banyak hal yang perlu diperbaiki DKPKP terutama kestabilan harga pangan, karena itu kami mendorong agar bersimultan dengan seluruh BUMD pangan untuk saling mendukung satu sama lain,” ujar Abdul, Kamis (22/4).

Aziz melihat adanya lonjakan harga karena ketersediaan stok pangan menipis namun permintaan pasar tinggi. Ia berharap DKPKP serta tiga BUMD tersebut dapat memperluas gudang penyimpanan stok sehingga stabilitas pangan dan harga dapat terkontrol dengan baik, terlebih disaat bulan suci ramadan yang mendekati Hari Raya Idul Fitri, dimana permintaan pasti melonjak.

“Kestabilan ini tergantung pada penyimpanan, kami lihat saat ini masih kurangnya storage. Contoh saja harga daging melonjak, padahal ini bisa diantisipasi kalau punya penyimpanan yang cukup, jadi ketika permintaan naik, maka kita bisa mengeluarkan simpanan yang dimiliki. Kuantitas ada, kualitas pun baik,” ungkapnya.

Baca juga: Komisi B Minta Kestabilan Harga Pangan Terjaga Selama Ramadan

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati menjelaskan pihaknya sudah berupaya untuk menstabilkan ketersediaan pangan di masa pandemi covid-19 dengan bekerja sama dengan beberapa daerah.

“Kita terus melakukan berbagai upaya kerjasama daerah, misalnya dengan Cilacap untuk pengadaan beras. Juga dengan Blitar untuk pengadaan telur,” ucapnya.

Dengan hal itu, Sri yakin bukan hanya pasokan pangan untuk DKI yang terpenuhi, namun juga dapat mensejahterakan para petani dan peternak di daerah tersebut.

“Itu akan terus kita lakukan agar pasokan pangan dan harga tadi juga bisa kita kendalikan,” tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

medcom.id

Polisi Terus Buru Pelaku Tabrak Lari Pesepeda Hingga Tewas di Pasar Minggu

👤Yakub Pryatama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:56 WIB
Polres Jaksel belum menemukan nomor polisi kendaraan yang diduga menabrak lari...
Dok. Bebek Kaleyo

Perluas CIta Rasa Olahan Bebek, Bebek Kaleyo Buka Outlet di Summarecon Bekasi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:12 WIB
Desain interior restoran Bebek Kaleyo Summarecon Bekasi bergaya scandinavian garden yang minimalis dipadu dengan ornamen batu...
AFP/Fayez Nureldine

Jakpro dan IMI Terbang ke Diriyah untuk Pelajari Penyelenggaraan Formula E 

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 27 Januari 2022, 19:47 WIB
Widi mengatakan, IMI bersama Jakpro sebagai panitia penyelenggara sedang mempelajari bagaimana penyelenggaraan balap Formula E di Diriyah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya