Jumat 05 Maret 2021, 15:38 WIB

Pengendara Bermotor Serobot Jalur Sepeda Bisa Ditilang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pengendara Bermotor Serobot Jalur Sepeda Bisa Ditilang

MI/ANDRI WIDIYANTO
Pengendara sepeda melintas di jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, kemarin.

 

PENGAMAT transportasi Djoko Setijowarno menyayangkan adanya pengendara kendaraan bermotor yang menyerobot jalur sepeda permanen yang sedang diujo coba oleh Pemprov DKI Jakarta.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta tengah merampungkan pembangunan jalur sepeda permanen sepanjang 11,3 km di Jl Jenderal Sudirman hingga Jl MH Thamrin. Jalur tersebut sudah diujicobakan sejak pekan lalu dan sudah dilengkapi beberapa rambu penanda.

Namun, jalur itu juga kerap diserobot oleh pengendara kendaraan bermotor tidak hanya kendaraan roda dua tetapi juga kendaraan roda empat.

Baca juga: MTI Ingatkan Trotoar Hanya untuk Pejalan Kaki

"Karena ini belum resmi mungkin tidak ditilang. Tapi nanti kalau sudah resmi ya harus ditilang. Karena semua rambu sudah lengkap, pembatas dan sarananya sudah lengkap jadi yang menyerobot ya harus ditilang," kata Djoko saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (5/3).

Di sisi lain, menurutnya tidak perlu ada petugas yang ditempatkan di jalur sepeda pada kawasan itu. Kawasan jalan protokol itu diketahui sudah dilengkapi kamera pengawas Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) yang dikelola oleh Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Siapa yang masuk, nerobos ya kirimi surat saja. Nggak perlu sampai dijaga kalau nanti sudah resmi. Nanti penyerobotnya akan kapok sendiri," tukasnya. (OL-4)

Baca Juga

Dok MI

Anies: Kemenangan ada di Depan Mata, Tahan Godaan

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 13 April 2021, 23:02 WIB
"Kemenangan itu sudah di depan mata, kita sudah menuju kondisi yang lebih baik. Mari kita tahan diri. Mari kita tetap disiplin,”...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Dinas Gulkarmat DKI Akan Periksa Proteksi Kebakaran di Pasar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 13 April 2021, 21:45 WIB
Sebelumnya, kebakaran terjadi di Pasar Lontar dan Pasar Kambing pada Kamis, 8 April 2021 lalu. Kedua pasar ini posisinya bersebelahan...
Antara

Anies Bakal Merenovasi Ruang Perangkat Kerja di Balai Kota

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 21:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan merenovasi ruang perangkat kerja di Balai Kota Jakarta dengan menggunakan pembiayaan dari Anggaran...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya