Jumat 05 Maret 2021, 15:06 WIB

MTI Ingatkan Trotoar Hanya untuk Pejalan Kaki

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
MTI Ingatkan Trotoar Hanya untuk Pejalan Kaki

Antara/M Risyal Hidayat
Sejumlah pemuda bermain skateboard di kawasan Sudirman, Jakarta.

 

MASYARAKAT Transportasi Indonesia (MTI) mengingatkan trotoar berfungsi untuk fasilitas pejalan kaki. Pernyataan ini menyusul viralnya video penindakan Satpol PP DKI Jakarta terhadap sejumlah pemain skateboard yang berkerumun di masa PPKM skala mikro.

Dari video yang beredar, para pemain skateboard terlihat berkerumun di trotoar kawasan Jalan MH Thamrin pada siang hari. MTI juga menyayangkan pandangan Gubernur DKI Anies Baswedan, yang menyebut trotoar boleh digunakan untuk bermain skateboard. 

Anies menyatakan hal itu tidak secara langsung, namun disampaikan kepada pegiat skateboard Satria Vijie dalam pertemuan di Balai Kota, Kamis (4/3) malam, seusai viralnya video penindakan tersebut.

Baca juga: Beda Pendapat Anies dan Riza Soal Skateboard Di Trotoar

"Trotoar itu ya fungsinya untuk pejalan kaki. Sudah jelas itu. Kalau skateboard kan ada tempatnya, ada yang sudah disiapkan. Itu saja yang dipakai," tegas Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Djoko Setijowarno saat dihubungi, Jumat (5/3).

Dia menekankan bahwa desain trotoar ditujukan bagi pejalan kaki. Sehingga, materialnya akan mudah rusak jika digunakan selain pejalan kaki. Misalnya, pemain skateboard dan kendaraan bermotor yang memiliki bobot lebih berat.

"Ya kan materialnya saja beda. Material untuk trotoar dan skatepark itu beda. Makanya trotoar ya untuk pejalan kaki. Kalau mau selain itu, cari di mana lokasinya yang pas," pungkas Djoko.(OL-11)
 

Baca Juga

Antara/Aditya Pradana Putra.

Tabrakan Transjakarta, Sarana hingga Jam Kerja Sopir Diperiksa

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 14:43 WIB
Ia memastikan bus yang terlibat kecelakaan tidak akan dioperasikan lagi sebagai bentuk sanksi pelanggaran terhadap SPM oleh pihak...
Antara

Armada Alami Tabrakan, Transjakarta Perketat Evaluasi Operator

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 14:37 WIB
Sebelumnya, Transjakarta bersama operator memiliki agenda pengarahan rutin, yakni tiga bulan sekali. Akibat insiden tabrakan, pengarahan...
MI/PIUS ERLANGGA

Tak Lulus Uji Emisi, Kendaraan Bermotor Siap-siap Ditilang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 14:30 WIB
seluruh kendaraan bermotor yang beroperasi di Jakarta wajib uji emisi dan lulus memenuhi baku mutu emisi menjadi hal yang sangat penting...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya