Jumat 19 Februari 2021, 16:50 WIB

Terlibat Kasus Tanah Dino Patti Djalal, Fredy Kusnadi Ditangkap

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Terlibat Kasus Tanah Dino Patti Djalal, Fredy Kusnadi Ditangkap

Dok. MI
Dino Patti Djalal saat dilantik sebagai Wakil Menteri Luar Negeri pada 2014 lalu.

 

POLISI menangkap Fredy Kusnadi terkait kasus dugaan mafia tanah dengan korban ibu mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal, yakni Zurni Hasyim Djalal.

Adapun Fredy ditangkap di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Jumat (19/2) pagi. Penangkapan Fredy setelah polisi mengantongi dua alat bukti keterlibatan dalam kelompok mafia tanah.

"Saudara FK (Fredy Kusnadi), tadi pagi tim penyidik telah melakukan penangkapan di Kemayoran. Ditemukan dua alat bukti keterlibatan yang bersangkutan dalam kelompok mafia tanah tersebut," jelas Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran dalam konferensi prs, Jumat (19/2).

Baca juga: Kementerian ATR: Kasus Tanah Dino Patti Djalal Murni Pidana

Selain Fredy, polisi telah menangkap 14 orang yang menjadi tersangka dalam tiga laporan terkait kasus mafia tanah dan rumah yang dilaporkan Dino Patti Djalal. "Dari pengungkapan 3 laporan, ada 15 tersangka yang ditangkap. Masing-masing laporan ada 5 tersangka," imbuh Fadil.

Lebih lanjut, Fadil merinci tiga laporan tersebut. Pertama, tanah dan bangunan milik ibu Dino Patti Djalal, yaitu Zurni Hasyim Djalal. Kemudian, rumah atas nama Yusmisnawita yang juga merupakan keluarga Dino di Kemang, Jakarta Selatan. Terakhir, rumah ibu Dino di Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca juga: Dino Patti Djalal Paparkan Tiga Bukti yang Seret Freddy Kusnadi

Fadil menyebut 15 tersangka memiliki peran masing-masing dalam perpindahan sertifikat tiga rumah. Ada yang menjadi aktor intelektual, staf pejabat pembuat akta tanah (PPAT, dan figur yang berpura-pura sebagai pemilik sertifikat tanah.

Modus operasi pelaku dalam kasus ini adalah berpura pura sebagai pembeli rumah. Dengan bujuk rayu meminta sertifikat asli, sebagai dalih untuk pengecekan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Selatan. Kemudian, pelaku membuat akta jual-beli palsu dan melakukan balik nama sertifikat, tanpa sepengetahuan pemilik.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara/Hafidz Mubarak A.

Ini Dalih Ketua DPRD DKI Tolak Keras Pemprov Jual Saham Minol

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Maret 2021, 17:46 WIB
Politikus PDIP itu menjelaskan bahwa kepemilikan 26,25% saham Pemprov DKI Jakarta di PT Delta bukan dari hasil membeli melainkan hibah dari...
Mariana / AFP

Resmi Ditutup, 3 Korban Sriwijaya Air Belum Teridentifikasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 02 Maret 2021, 17:05 WIB
Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Polri Brigjen Rusdianto mengatakan masih tersisa tiga korban yang belum dapat...
MI/RAMDANI

Perpres Miras Resmi Dicabut, PAN Dukung Anies Lepas Saham Bir

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Maret 2021, 16:00 WIB
Lebih lanjut Bambang menjelaskan selama ini pemerintah provinsi DKI Jakarta selalu bilang bahwa penjualan saham bir tersebut terganjal dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya